Tips Merawat Mobil Matic dengan Mudah

Mobil merupakan kendaraan yang mampu memanjakan pemiliknya. Dengan memiliki mobil anda akan merasakan banyak kemudahan, khususnya dalam hal transportasi. Dengan mobil anda bisa berjalan-jalan, ke kantor, ke sekolah dengan penuh kenyamanan. Oleh sebab itu, tidak heran jika mobil saat ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat menengah ke atas.

Untuk memanjakan konsumen mobil inilah yang menjadi ide pabrik mobil untuk menciptakan karya terbaik dan banyak diminati oleh masyarakat. Untuk itu, mereka berlomba-lomba dalam membuat mobil yang nyaman hingga ramah lingkungan. Untuk memanjakan penggunanya di luncurkanlah Mobil matic yang dirancang khusus dengan jenis sistem transmisi yang serba otomatis. Untuk itu perlu pengetahuan khusus dan perlakuaan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan mobil-mobil biasa yang bertransmisi manual.

tips merawat mobil matic

Mobil matic dibuat dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya dalam berkendara. Karena dirancang dengan sistem khusus tentu mobil matic ini perlu perawatan yang sedikit lebih ekstra, agar mobil matic selalu awet dan terjaga. Dan berikut ini adalah tips merawat mobil matic secara sederhana dan mudah.

  • Lakukan Pengecekan secara Rutin

Apabila anda memiliki mobil matic, baik baru maupun second, maka yang harus anda lakukan adalah mengecek secara berkala. Adapun yang harus dicek secara rutin di antaranya adalah kualitas oli pelumas transmisi otomatis. Sebab, pada dasarnya oli transmisi pada mobil matic harus selalu terjaga dalam keadaan volume yang normal serta kualitas yang harus selalu terjaga dengan baik. pelumas yang sudah kotor tentu akan berpengaruh langsung pada jeroan transmisi.

Pada umumnya, oli transmisi pada mobil matic hanya mampu bertahan pada jarak tempuh kurang lebih 20.000 km. Oleh sebab itu anda perlu memperhatikan penggunaan mobil, khususnya ketika sering menggunakannya untuk jarak jauh. Di samping itu anda juga perlu melakukan pengecekan tempat penampung yang berada di bawah bagian mobil. Bak penampung sangat mungkin tersenggol ketika roda berbenturan dengan batu atau benda keras lainnya.

Hal lain yang perlu dicek secara rutin adalah perangkat kampas kopling matic. Mobil matic memiliki jumlah kampas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil manual. Dan ketika pengemudi menggunakan tuas perseneling maka part tersebut akan mengalami pergesekan kemudian menghasilkan serpihan serbuk halus. Dan ketika mobil matic digunakan secara terus-menerus maka serbuk yang muncul tersebut akan menyumbat filter oli sehingga oli tidak lagi mengalami sirkulasi secara baik. Oleh sebab inilah pemilik mobil harus rutin melakukan pengecekan mobil maticnya.

  • Selalu Memanaskan Mesin

Kebanyakan pengguna mobil matic menyepelekan poin penting ini. Memang memanaskan mobil terkesan begitu sepele dan mudah dikerjakan. Akan tetapi banyak yang tidak begitu peduli memanaskan mesin mobil ini. Padahal ketika mobil matic tidak dipanaskan sebelum berjalan akan berdampak pada kinerja mesin. Mesin yang tidak dipanasi terlebih dahulu justru akan terpaksa bekerja. Dan inilah yang menyebabkan mesin cepat rusak.

Untuk itu, sebaiknya anda meluangkan waktu setiap hari di pagi hari untuk memanaskan mesin mobil sebelum anda menggunakannya bepergian. Dan ketika anda memanaskan mobil matic sebaiknya memosisikan tuas pada posisi N (Netral).

  • Bijak dalam Berkendara

Poin ini berhubungan dengan gaya berkendara. Ketika anda mengendarai mobil matic maka anda akan bersinggungan dengan persneling. Meskipun memposisikan tergolong cukup mudah namun tidak banyak orang yang perhatian dalam menggunakannya. Untuk itu, ketika anda mengoprasikan persneling maka gunakan dengan bijak.

Seperti, ketika anda berada di lampu merah, sebaiknya anda memindahkan transmisi ke posisi N. Hal ini berguna untuk mencegah kehausan kampas kompling. Adapun yang biasa dilakukan oleh banyak orang ketika berada di lampu merah atau berhenti sejenak yaitu menginjak rem dengan tetap menggunakan posisi persneling di D. Padahal, hal ini justru akan mempercepat kehausan komponen yang terhubung secara langsung dengan kinerja transmisi otomatik.

Baca juga Menghemat Bbm Dengan Cara Mengemudi Yang Benar

Selain tiga poin di atas tentu masih banyak lagi yang harus diketahui oleh pemilik mobil matic. Namun, pada intinya mobil matic bukan berarti semua hal menjadi lebih mudah. Akan tetapi perlu perawatan dengan pengetahuan khusus juga untuk mendapatkan performa yang baik dari mobil matic.

Baca juga artikel Mengenal Teknologi I-vtec Dari Mobil Honda