Tips Merawat Kebersihan Mobil Di Musim Hujan

Pada musim hujan seperti sekarang ini merawat kebersihan mobil harus lebih memerlukan penanganan yang tidak seperti biasanya, pasalnya curah hujan yang tinggi membuat mobil lebih sering kotor. Celakanya jika sisa-sisa air hujan serta kotoran yang menempel tetap di biarkan hingga mengering, efeknya setelahnya bisa cukup merusak terutama pada cat body kendaraan.

Belum lagi kotoran berupa tanah, pasir dan sebagainya yang menempel pada bagian kolong kendaraan akibat dari seringnya menerjang genangan air juga bisa membuat bagian tersebut mudah terserang karat. Jika sudah begitu bukan saja hanya tampilannya yang menjadi tidak maksimal, namun juga dapat menurunkan harga jual dari mobil kita saat kelak hendak akan di jual.

Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat mobil di musim hujan agar tetap selalu terjaga tampilannya dengan maksimal.

merawat Kebersihan Mobil Di Musim Hujan

Merawat Cat Body Kendaraan

Yang harus segera di antisipasi saat musim hujan berkaitan dengan menjaga tampilan cat mobil kesayangan adalah jamur yang timbul dari butiran air hujan yang menempel pada body kendaraan karena tidak langsung di bersihkan hingga mengering dengan sendirinya.

Selain membuat cat mobil menjadi kusam, sisa-sisa butiran air hujan yang telah kering tersebut juga lama-kelamaan akan sulit di hilangkan dengan sabun cuci biasa, Apalagi pada bagian kaca, yang juga akan menganggu pandangan terutama di malam hari. Jika kendaraan anda terlanjur mengalami hal yang demikian, tidak ada pilihan lain selain harus membersihkannya dengan cara memoles menggunakan obat pengkilap khusus mobil, atau jika tidak ingin direpotkan dengannya, pilihan lain adalah dengan mendatangi salon kendaraan.

Antisipasi sebelumnya yang dapat di lakukan agar terhindar dari jamur yang menyerang cat mobil kesayangan adalah dengan selalu rajin membersihkan setelah mobil menerjang hujan, caranya dengan menguyur sekujur body kendaraan dengan air bersih lalu di keringkan dengan menggunakan lap.

Antisipasi lainnya adalah dengan mengaplikasikan Paint Protection pada sekujur body kendaraan. Langkah ini sangat di sarankan mengingat Paint Protection dapat memberikan lapisan yang melindungi cat sehingga air hujan yang mengandung asam dan kotoran akan sulit menempel di kendaraan.

Baca juga artikel banyak beredar mobil bekas banjir, kenali berbagai cirinya

Menghindari Karat

Hal berikutnya yang menjadi efek negatif dari seringnya mobil kehujaan adalah timbulnya karat terutama pada bagian kolong kendaraan. Hal ini sering tidak terdeteksi pemilik kendaraan karena posisinya yang tidak terlihat, jika tetap di biarkan bukan tidak mungkin karat akan menyebar ke bagian lain hingga body pun bisa keropos.

Untuk itu sebaiknya pada musim hujan sekali-kali sempatkan waktu untuk membawa mobil kesayangan ketempat cuci mobil yang memiliki hidrolik untuk mengangkat kendaraan, sehingga bagian kolong bisa di bersihkan dengan tuntas dari segala kotoran, pasir dan air hujan yang sudah mengering.

Itulah sedikit tips untuk Merawat Kebersihan Mobil Di Musim Hujan, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga artikel tips membersihkan kabin mobil agar selalu segar