Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang sebetulnya sudah di buat oleh pabrikan dengan kelebihan tanpa perawatan atau maintenance free, sehingga kita hanya tinggal memaksimalkan cara penggunaannya saja agar umur aki bisa lebih awet.

Berbeda jika kendaraan kita menggunakan jenis aki basah, terdapat beberapa ritual yang harus kita lakukan dalam setiap beberapa waktu sekali untuk mengecek level ketinggian air aki yang di gunakan didalamnya. Jika air aki berada di bawah batas terendah, maka secepat mungkin harus kita isi kembali hingga batas normal.

Dengan semakin modernnya penggunaan mesin mobil mau pun motor saat ini, mau tidak mau aksesoris lainnya seperti aki ini pun harus menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang ada. Sehingga sekarang ini rata-rata untuk kendaraan keluaran baru lebih banyak menggunakan jenis aki kering karena lebih memiliki ketangguhan yang dapat di andalkan.

Meski di lebel maintenance free aki kering ini jika kita gunakan dengan seenaknya tetap saja daya pakainya tidak akan cukup panjang. Namun perlu adanya perlakukan-perlakuan yang tidak terlampau membebani dari kerja aki ini.

Maka dari itu, berikut inilah kami ulas beberapa tips merawat aki kering agar awet maksimal.

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Nyalakan Kendaraan Setiap Hari

Aki ini baru akan bekerja dengan normal jika suplai pengisian listrik kedalamnya berlangsung berkelanjutan. Artinya semakin sering kendaraan menyala maka kerja aki pun akan lebih stabil. Masalah pada aki justru biasanya akan datang ketika kendaraan lama tidak digunakan, misalnya hingga seminggu atau lebih tidak dinyalakan, biasanya strum dalam aki sering kali akan tekor sehingga memerlukan pengecasan atau charging manual.

Maka untuk menghindarinya sebaiknya jika kendaraan tidak di gunakan tetap panaskan atau nyalakan mesin beberapa menit setiap hari, atau paling tidaknya tiga hari sekali untuk menghindari strum dalam aki habis.

Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebih

Seperti yang kita ketahui salah satu fungsi aki kering ini adalah diantaranya sebagai penyedia listrik untuk setiap bagian di kendaraan. Seperti lampu, klakson, tape, wiper, dan lain sebagainya. Nah jikalau kita tambahkan berbagai aksesoris yang memakan sumber listrik berlebih, maka aki pun akan dipakasa bekerja lebih berat dari kondisi standart.

Misalnya, pada bagian audio kita tambahkan power atau amplifier untuk mendongkrak kualitas suara di mobil, atau kita ganti lampu utama dengan yang memiliki watt lebih besar, dan sebagainya. Maka dapat di pastikan jika kita tetap mengandalkan aki bawaan standart, pastinya masa pakai akan jauh terpangkas.

Baca juga artikel ingin ban mobil lebih awet lakukan perawatan ini

Baca juga rem abs pada motor bagaimana cara kerjanya

Perhatikan Penggunaan Electric Starter Pada Motor

Fitur Electric Stater pada motor tentunya sangat membantu penggunanya, namun perlu adanya perhatian saat menggunakannya agar keawetan aki kering yang di gunakan tetap terjaga. Diantaranya jangan memaksakan menekan electric stater lebih dari 5 detik saat motor sulit menyala, sebaiknya berikan jeda beberapa saat sebelum kita akan menekannya kembali. Mengingat electric stater ini cukup membutuhkan daya listrik yang besar saat di gunakan.

Lalu perhatian terhadap penggunaan electric starter berikutnya adalah, khusus di pagi hari saat motor sudah cukup lama berhenti tidak digunakan, disarankan untuk menyalakannya secara manual dengan kick starter terlebih dahulu saat memanaskan mesin.

Itulah beberapa diantaranya tips merawat dan menggunakan aki kering kendaraan agar lebih awet di gunakan, semoga bermanfaat.

Baca juga solusi memperbaiki aki kering yang rusak