Tips Memilih Motor Honda Astrea Grand Bekas

Honda Astrea Grand menjadi salah satu motor legendaris yang pernah di pasarkan di tanah air, pada awal di perkenalkan tahun 1997 lalu, motor ini sanggup memikat siapapun, salah satunya kalangan anak muda yang gemar modifikasi. Tidak hanya mereka, para orang tua pun ikut terkena daya pikat yang di pancarkan motor ini. Tak ayal astrea grand ini pada waktu itu sangat mudah di temui.

Bisa menjadi demikan sebabnya adalah Astrea grand ini di kenal dengan motor yang handal, bandel, bertenaga serta irit bahan bakar. Di samping itu, Honda mendesain motor ini dengan tampilan yang sesuai selera masyarakat pada waktu itu. Simple, ramping serta modern desain motor seperti inilah yang pada masa itu di gandrungi.

Nama besar Honda juga cukup menjadi penunjang boomingnya motor ini di pasaran. Mudah dan murah dalam hal perawatan, serta di dukung jaringan service resmi yang tersedia di mana-mana membuat Honda mampu mendapatkan perhatian dari masyarakat. Di buktikan dengan selalu menciptakan motor-motor berkualitas, membuat nama Honda sulit di saingi merk pabrikan motor lainnya.

Dengan populernya honda astrea grand ini, hingga saat ini pun masih cukup banyak tersisa para penggemar yang setia merawat motornya. Bahkan di pasaran motor bekas, astrea grand seken menjadi salah satu barang yang banyak peminatnya. Bagi anak muda motor ini sering menjadi objek modifikasi karena modelnya yang masih di gemari, selain itu tidak jarang pula pengguna memakainya untuk berkegiatan sehari-hari mengingat masih cukup bisa di andalkannya tunggangan ini.

honda astrea grand

Jika anda pun menjadi salah satu yang sedang mencari motor ini, pasaran harga honda astrea grand bekas berkisar antara 2 juta hingga 2,6 juta rupiahan tergantung kondisinya. Berikut ini ada beberapa tips memilih motor honda astrea grand bekas, :

Perhatikan Pada Bagian Rangka

Dalam memilih astrea grand bekas paling pertama yang harus kita perhatikan adalah rangka dari motor ini. Pasanya umur motor yang sudah lebih dari 10 tahun sangat rentan terjadi karat dan juga keropos pada bagian ini, apalagi jika pemiliknya kurang memperhatikan dalam hal perawatan, yang sering kali membiarkan motornya kotor sehabis kehujanan. Kotoran di sela-sela rangka akan mengering dan berkerak, jika sudah begitu maka karatan akan menjadi akibantnya.

Meski begitu, jika terpaksa tidak ada pilihan lainnya, langkah yang harus di ambil adalah membongkarnya secara keseluruhan saat motor sudah di miliki nanti. Sisakan hanya bagian rangkanya saja untuk di las kembali bagian keroposnya, agar nantinya karat dan keropos tidak menyebar semakin parah.

Perhatian Pada Bagian Mesin

Paling mudah mengindikasi adanya kelainan pada bagian mesin motor astrea grand bekas yang sedang di incar adalah dengan melihat asap yang keluar pada kenalpot kendaraan, dari sini kita bisa memperkirakan kerusakan yang mungkin di alami. Jika asap yang di keluarkan knalpot adalah putih pekat, berarti ada kemungkinan masalah oli yang ikut terbakar. Biasanya ini terjadi akibat ring seher dan piston didalam mesin yang sudah tidak sempurna lagi fungsinya, Satu-satunya jalan yang bisa di lakukan adalah turun mesin, dan mengganti spere part yang sudah rusak.

Jika indikasi asap putih tidak terlihat, anda bisa memeriksa kondisi motor dengan cara mencobanya secara langsung. Astrea grand di kenal memiliki tarikan yang cukup enteng dan bertenaga, type mesin yang di pakainya berjenis 4 tak dengan kapasitas 100 cc, tenaga yang di keluarkan hingga 7 DK pada 8000 rpm, dan pemakaian bahan bakar dalam kondisi normal bisa menempuh 77 km untuk setiap liter bensinnya.

jika astrea bekas yang anda coba tidak demikian, berarti ada masalah dalam hal perawatan, karena seharusnya perawatan motor seperti ganti oli dan tune up di lakukan dengan berkala agar selalu terjaga performannya.

Baca juga ganti oli motor sendiri kenapa tidak

Sebetulnya tidak terlalu banyak masalah kerusakan yang mungkin terjadi pada motor ini, sebabnya astrea grand ini termasuk salah satu motor yang bandel serta minim perawatan. Jikalau pun ada kerusakan, tinggal kita sesuaikan dengan harga bekas yang di tawarkan penjual, bisa kita minta potongan harga untuk perbaikan. Meski begitu, perbaikan untuk astrea grand bekas yang akan anda pinang juga tidak akan terlalu memberatkan, mengingat perawatan untuk motor ini yang terjangkau dan ketersediaan onderdil yang masih melimpah.

Baca juga harga dan spesifikasi motor matic bekas pilihan