Tips Memilih Helm Motor yang Aman

Helm motor merupakan salah satu perlengkapan motor terpenting yang wajib dipakai. Ada banyak alasan kenapa harus memakai helm, di antaranya untuk keselamatan pengendara motor. Helm berfungsi untuk melindungi kepala pengendara motor, sehingga saat motor terjatuh atau terjadi kecelakaan yang tak diinginkan bagian kepala tak akan terbentur terlalu keras. Namun tentunya dalam memilih helm harus mempertimbangkan segi kenyamanan dan keamanannya untuk kita, jadi tak bisa asal memilih saja.

Ukuran helm yang terlalu kecil ataupun terlalu besar juga akan menghambat perjalanan Anda. Helm yang terlalu kecil bisa menimbulkan sakit kepala, dan tak menutup kemungkinan juga akan mengganggu pandangan Anda. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memilih helm yang benar-benar nyaman di pakai. Adapun tips untuk memilih helm yang aman dan nyaman, adalah sebagai berikut :

memilih helm motor

1. Kekuatan Tali Pengikat atau Strap

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih helm motor adalah dengan memperhatikan kekuatan strap atau tali pengikat helm. Tali ini sangat penting untuk mengikat helm pada kepala, selain itu tali pengikat helm ini juga berfungsi mengunci helm pada motor ketika mengaitkannya. Kekencangan dan kekuatan tali pengikat ini sangat penting, hal ini untuk menjaga terlepasnya helm ketika terjadinya kecelakaan. Bayangkan saja, saat terjadi kecelakaan lalu helm Anda langsung terlepas karena tali tersebut tidak kuat, apa yang akan terjadi? Hal ini tentu mengakibatkan kepala terbentur keras, dan pastinya berakibat fatal untuk keselamatan Anda.

2. Pertimbangkan Faktor Keselamatan

Hal yang paling penting untuk memilih helm adalah perhatikan keselamatan. Anda harus lebih teliti ketika memilih helm, karena bagaimana pun faktor keselamatan merupakan faktor utama yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi faktor ini, membutuhkan pengamatan yang lebih detail pada helm yang hendak dibeli. Anda wajib memperhatikan seluruh bagian pada luar helm. Hal yang paling mudah adalah dengan memperhatikan apakah terdapat stiker keselamatan SNELL dan DOT, karena dengan adanya stiker ini maka helm tersebut sudah teruji kelayakannya. Selain itu, stiker ini juga sudah langsung diawasi oleh Departement Transportasi Amerika.

3. Perhatikan Ukuran Helm

Hal yang tak kalah penting ketika memilih helm adalah ukurannya. Jangan sampai Anda memilih helm yang terlalu sempit atau terlalu longgar karena bisa membuat Anda tidak nyaman saat menggunakannya. Helm yang terlalu longgar, tentu akan membuat helm lebih mudah lepas atau tidak kencang. Sebaliknya, helm yang terlalu sempit akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, pastikan Anda memilih helm yang lebih ringan dan tak terlalu berat, agar tak terlalu membebani kepala saat memakai helm tersebut.

4. Helm Dengan Fitur Lengkap

Ketika memilih helm motor, pastikan Anda memilih helm yang memiliki fasilitas atau fitur yang lengkap, seperti adanya fitur tutup buka kaca helm, ventilasi udara dan lainnya. Hal ini tentu untuk membantu kenyamanan saat Anda berkendara.

5. Helm Bersertifikasi

Untuk memenuhi faktor keselamatan dan kenyamanan saat memakai helm, tentu Anda harus memilih helm yang sudah tersertifikasi. Pilih helm yang sudah memiliki sertifikasi dari SNI dengan simbol SNI di dalamnya, karena helm tersebut berarti sudah memiliki standar keamanan.

6. Helm Ultra Violet atau Anti Silau

Walaupun mungkin ada banyak orang yang tak menyukai helm dengan kaca ultra violet atau anti silau, sebab akan terlihat lebih gelap jika dipakai saat malam hari. Namun, ternyata helm ini cukup berguna di siang hari untuk menangkal teriknya sinar matahari.

Baca juga kenali bahaya faktor kelelahan saat mengemudi