Tips Membersihkan Kabin Mobil Agar Selalu Segar

Kebersihan mobil merupakan poin penting dalam bepergian, terutama jika anda akan bepergian jauh tentu kebersihan mobil sangat menentukan kenyamanan saat dalam perjalanan. Mungkin anda berpikir bahwa untuk mendapatkan mobil selalu bersih cukup dengan membawa mobil ke tempat cuci mobil lalu selesai masalah. Opini tersebut memang tidak ada salahnya. Namun, terkadang pihak pencuci mobil tidak membersihkan bagian mobil secara mendetail seperti bagian kabin mobil.

Debu yang beterbangan di jalanan serta kotoran akibat sisa cipratan dari genangan air seringkali menempel di mobil. Hal ini akan sangat sulit dibersihkan jika anda tidak perhatian terhadap sela-sela kecil mobil anda. Selain itu kotoran dalam kabin juga seringkali disebabkan oleh penumpang atau pengendara itu sendiri. Maka sudah selayaknya anda memperhatikan tentang beberapa tips berikut ini agar mobil selalu fresh dan bersih baik bagian dalam maupun luar.

membersihkan kabin mobil

  • Kabin dan Kaca

Karena bagian kabin banyak didominasi sela-sela kecil maka langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memperhatikan setiap sela kecil kemudian membersihkannya pelan-pelan secara bertahap. Anda bisa mulai membersihkan bagian kaca mobil baik bagian dalam maupun luar. Biasanya kaca bagian dalam seringkali terkena minyak dari tangan penumpang. Ketika membersihkannya sebaiknya lakukan dengan mengelap secara searah.

  • Dashbor

Setelah bagian kaca selesai anda bisa melanjutkan untuk membersihkan bagian dashbor mobil. Meskipun dashbor bisa dilihat oleh pengendara namun bagian ini ternyata jarang sekali dibersihkan. Padahal jika dibiarkan maka debu yang bersarang di dashbor mobil bisa menjadi sarang penyakit. Untuk membersihkan bagian dashbor anda bisa menggunakan kuas lukis kanvas yang bersifat lembut. Sebab jika hanya mengandalkan kain biasanya tidak bisa maksimal.

  • Storage ( Penyimpanan )

Jika dashbor sudah bersih selanjutnya adalah bagian storage yang terdapat di dalam mobil. Agar lebih terarah sebaiknya bersihkan sesuai baris bangku. Yang paling utama adalah bersihkan semua cup holder. Sebab di bagian tersebut seringkali terdapat sisa-sisa cairan minuman. Lihat juga bagian dasar cup holder yang ada. Seringkali di tempat tersebut terdapat partikel kecil yang menempel dan apabila partikel tersebut dibiarkan justru akan mengeras dan sulit dibersihkan, Anda tentu tidak mau kan mobil anda terlihat kumuh?.

  • Laci dan Boks

Selanjutnya celah penting yang harus anda bersihkan juga adalah laci atau boks yang terdapat pada baris bangku. Biasanya semua jenis barang sering keluar masuk boks tersebut. Terlebih lagi jika intensitas penggunaan mobil yang sangat sering tentu sisa-sisa barang akan terus mengendap dan menjadi kotor. Selain itu bersihkan pula handle pintu yang ada di bagian dalam. Di tempat tersebut sering menjadi sarang kotoran yang berupa pasir atau debu.

Membersihkan mobil dengan vacuum cleaner

Apabila anda sudah mengelap semua bagian terkecil pada mobil langkah selanjutnya ialah membersihkan dengan vacuum cleaner khusus untuk mobil. Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada karpet serta semua bagian sela-sela mobil secara menyeluruh. Dan jangan lupa untuk menggunakannya hingga bersih.