Tips Cara Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Berkelas

Cara Merawat Mobil – Seiring waktu dengan salalu di gunakannya sebuah mobil untuk berbagai aktifitas setiap hari akan mengalami penurunan baik dari kinerja mesin juga dari sisi tampilannya eksterior maupun interior. Hal itu sangat wajar terjadi, namun meskipun penurunannya sangat kecil dan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebagai pemilik haruslah pandai dan rajin merawatnya agar mobilnya nyaman di gunakan setiap saat.

Saat membeli sebuah mobil baru, mungkin hanya sedikit sekali perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kinerja mobilnya, cukup dengan mengikuti jadwal rekomendasi pabrikan itu sudah cukup untuk di lakukan. Berbeda jika kita baru saja meminang sebuah mobil bekas, apalagi jika umur mobil tersebut sudah cukup tua. Akan lumayan banyak yang harus di lakukan untuk merawatnya agar tetap terlihat berkelas terutama pada bagian mesin agar performanya tetap maksimal.

Pasalnya yang namanya mobil bekas kita tidak pernah mengetahui secara pasti pada waktu di gunakan pemilik sebelumnya, apakah di jaga dengan baik atau seadanya. Dan yang pasti sudah barang tentu kinerjanya tidak seperti saat waktu baru dahulu.

Maka dari itu untuk merawat mobil bekas di perlukan tips dan cara tersendiri agar setidaknya mobil bisa nyaman dan aman untuk di gunakan setiap hari. Dan ada baiknya juga saat membeli mobil bekas kita sediakan budget yang cukup untuk cadangan perbaikan dan perawatannya kedepan.

tips cara merawat mobil bekas

Merawat Bagian Mesin

Mesin menjadi bagian paling penting dan paling awal yang harus kita perhatikan dalam merawat mobil bekas. Paling baik adalah dengan segera membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut, mengganti oli mesin, tune up, ganti oli perseneling, atau jika bertransmisi matik segera juga lakukan pemeriksaan pada bagian tersebut.

Untuk bagian part yang harus di periksa serta jika sudah aus harus segera di ganti adalah seperti pada busi, saringan oli, saringan bensin, aneka van belt dan lain sebagainya. Sebagai indikator, suara mesin haruslah halus tanpa ada suara gesekan-gesekan atau suara berdecit lainnya, juga getaran disaat kondisi mesin menyala harus seminimal mungkin tidak ada getaran keras yang menganggu.

Jangan ketinggalan juga periksa bagian pendingin kendaraan atau AC, perawatan rutin juga di perlukan untuk bagian ini, seperti untuk mengecek oli kompressor, pembersihan saringan ac, hingga pergantian freon jika di itu perlukan.

Baca juga mesin mobil cepat ? panas inidia biang keladinya

Merawat Bagian Kaki-Kaki

Bagian kaki-kaki kendaraan juga banyak yang harus di lakukan perawatan, yang paling utama tentunya pada bagian penghenti laju atau rem, pastikan kampas rem masih tersisa dan bisa di gunakan, jika kondisi kampas sudah tipis jangan tunggu lagi segera lakukan pergantian.

Selain itu komponen pada kaki-kaki lainnya yang harus kita perhatikan diantaranya seperti tie rod, long tie rod, sayap, ball join, stabilizer, juga per dan shockbraker. Kerusakan pada bagian-bagian tersebut bisa kita rasakan gejalanya pada saat mengemudi, paling sering akan terdengar suara-suara menganggu seperti besi beradu saat melewati jalan berlubang. Getaran juga akan terasa pada setir saat berjalan, juga mobil menjadi tidak stabil saat melaju.

Baca juga harga mobil starlet bekas dan panduan memilihnya

Merawat Bagian Interior Dan Eksterior

Untuk kenyamanan seluruh penumpang bagian interior pun jangan sampai di lupakan untuk di lakukan perawatan, pembersihan secara menyeluruh untuk mobil bekas yang baru saja di dapatkan harus menjadi agenda awal sebelum digunakan untuk beraktifitas. Paling praktis adalah dengan membawanya kesalon mobil untuk di lakukan pembersihan total bagian interor serta eksteriornya, atau jika ingin di lakukan sendiri bisa siapkan vacum cleaner sebagai alat untuk menghisap kotoran di berbagai bagian dalam kendaraan.

Selain kebersihan yang juga menjadi penting adalah memastikan bagian-bagian penunjang keselamatan dan keamanan berkendara berkondisi baik. Misalnya seperti spion, lampu-lampu, klakson, alarm, seat belt, dan lain sebagainya haruslah bisa di gunakan sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa tips cara merawat mobil bekas agar selalu terjaga kondisinya. Meskipun berstatus bekas jika kita rajin dalam hal perawatannya tetap bisa memberikan kenyamanan yang maksimal dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga mengulas mobil honda accord cielo bekas