Tips Aman Berkendara Di Musim Hujan

Saat musim hujan datang kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara, baik mengendarai mobil ataupun motor. Jalanan yang basah membuat ban kendaraan menjadi licin, apalagi apabila kebetulan melewati jalan yang tergenang air, saat kecepatan tinggi bisa saja terjadi aquaplaning yaitu ban mobil anda tidak benar-benar menapak pada aspal karena genangan air, itu bisa berbahanya karena laju mobil tidak akan terkendali. Selain itu masih banyak kejadian berbahaya yang bisa terjadi pada saat hujan turun.

Jalanan yang basah akan membuat ban kendaraan menjadi licin, ini berlaku untuk segala jenis kendaraan baik itu motor atau mobil dan juga kendaraan berat seperti truk. Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati disaat musim hujan tiba, berikut ini ada beberapa tips untuk anda.

  • Periksa Ban Kendaraan

Ban adalah komponen utama yang paling berhubungan dengan jalanan, sangat penting untuk anda periksa kondisinya sebelum berkendara. Pastikan kondisi alur atau kembang ban masih baik, ban yang sudah tidak beralur atau gundul akan menjadi penyebab utama kendaraan tergelincir.

Selain itu tekanan angin juga harus selalu kita perhatikan, jangan sampai terlalu keras atau bahkan kurang angin. tekanan angin ban yang tepat bisa di sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan pembuat kendaraan, dengan catatan ukuran ban masih dalam kondisi standart. Jika sudah di rubah misalkan diganti dengan ukuran besar maka tekanan angin biasanya tertera pada ban tersebut.

tips aman berkendara di musim hujan

  • Periksa Penerangan Kendaraan

Lampu utama kendaraan atau head lamp yang terang, pada saat hujan di malam hari akan mempermudah kita dalam berkendara. Karena pada malam hari terlebih saat hujan jalanan akan terlihat lebih gelap dari biasanya, bahkan lampu yang biasanya terlihat terang saat kondisi malam tidak hujan, akan berbeda saat hujan turun.

Paling baik adalah lampu yang menggunakan bolam yang berwarna kuning, karena cahaya akan terlihat walaupun di saat hujan. Berbeda jika cahaya bohlam yang berwarna biru atau putih atau warna lainnya, di saat cuaca cerah memang terlihat terang, akan tetapi disaat di guyur hujan cahaya selain kuning akan meredup bahkan seperti tidak menggunakan penerangan.

  • Jaga Kecepatan Kendaraan

Dalam mengemudi disaat hujan hendaknya anda harus mengurang kecepatan kendaraan, meskipun kondisi jalanan sedang kosong. meskipun tenaga kendaraan tidak mengalami perubahan, tetapi komponen lain terutama rem akan berkurang drastis daya cengkramnya, piringan rem yang basah membut jarak pengereman menjadi lebih panjang. Terlebih jika kita memaksa kendaraan berhenti dengan cepat maka akan bisa membuat bahaya yang fatal, ban kendaraan akan terkunci dan kendaraan akan berjalan tidak terkendali.

Meskipun pada sebagian kendaraan dengan teknologi terkini sudah ditanamkan fitur ABS atau fitur untuk menghindari ban terkunci saat pengereman mendadak, akan tetapi kita harus tetap waspada, karena fitur tersebut di buat hanya untuk kondisi darurat.

  • Berhenti Jika Hujan Sangat lebat

Untuk mengantisipasi, jika hujan terjadi di luar kebiasaan dan sangat lebat, atau jika kondisi anda tidak memungkinkan seperti mengantuk, maka cara teraman adalah berhentikan kendaraan anda di tempat aman terlebih dahulu, Jika terpaksa berhenti di sisi jalan jangan lupa nyalakan lampu hazard sebagai tanda untuk kendaraan lain. Setelah kondisi membaik anda bisa melanjutkan perjalanan.