Tips Aman Berkendara Di Jalan Tol

Bagi pengemudi pemula perlu memperhatikan cara berkendara yang aman saat melewati jalan tol atau jalan bebas hambatan, sebabnya tidak sedikit kecelakaan yang sering terjadi akibat sang sopir yang masih minim pengalaman kurang berhati-hati saat melewatinya.

tips berkendara aman di jalan tol

Jalan tol di ciptakan untuk dapat mempercepat waktu tempuh ke tempat tujuan, akan tetapi bukan berarti kita bisa seenaknya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Namun pada kenyataannya ada saja pengguna yang kurang memperhatikan cara berkendaranya sehingga membahayakan dirinya serta pengendara lainnya, seperti ngebut dan ugal-ugalan, bahkan ada beberapa pengendara yang menggunakan jalan tol untuk ajang balapan, dan yang lebih membahayakan, ada yang menggunakan jalan bebas hambatan ini untuk sarana belajar mengemudi.

Tentu saja hal-hal tersebut tidak boleh di lakukan, mengingat kebanyakan kendaraan di jalan tol melaju dengan kecepatan tinggi, jika kita tidak menggunakannya sesuai dengan fungsinya maka resikonya sangatlah besar.

Untuk itu jika anda termasuk kategori pemula dalam mengendarai mobil, sebaiknya memperhatikan cara mengemudi yang aman saat melintas di jalan tol ini, berikut ini tipsnya :

  • Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dengan mobil di depan kita merupakan hal penting yang harus di lakukan, sebabnya rata-rata kecepatan mobil di jalan tol lebih cepat dari jalan biasa karena bebas hambatan, jika begitu maka akan membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk menggurangi kecepatan atau melakukan pengereman. Untuk itu sebaiknya jaga jarak mobil anda, dengan mobil di depan anda agar tersedia waktu apabila kendaraan didepan anda melakukan pengereman mendadak.

  • Beri Tanda Saat Akan Berpindah Jalur

Berpindah jalur kanan atau kiri sering kita lakukan di jalan raya, namun khusus di jalan tol kita harus ekstra hati-hati saat akan melakukannya. Seperti sebab di atas, kendaraan lain kebanyakan melaju dengan cepat, jika kita berpindah jalur secara mendadak bisa berbahaya.

Maka sebaiknnya sebelum berpindah jalur beri tanda berupa sein, dan perhatikan juga spion untuk melihat kendaraan yang datang dari belakang.

  • Hindari melewati Bahu Jalan

Bahu jalan di tol di peruntukan hanya bagi kendaraan yang mengalami kondisi darurat saja, misalnya untuk mobil ambulans, rescue, kepolisian, pecah ban dan sebagainya. Namun sekarang ini banyak pengendara yang memanfaatkan bahu jalan untuk melewati kendaraan di depannya atau menyalip.

Tentu saja hal ini sangat tidak aman untuk di lakukan, sebabnya akan berbahaya jika anda kendaraan yang mengalami kondisi darurat, selain itu bahu jalan juga tidak di peruntukan untuk kendaraan yang melaju dengan cepat.

  • Penanganan saat kondisi darurat

Jika sesuatu terjadi di jalan tol misalnya saja saat mengalami pecah ban atau pun lainnya, yang mengharuskan kendaraan untuk berhenti berjalan maka yang harus di lakukan adalah menepi sambil menyalakan lampu hazard, dan pastikan kendaraan anda berhenti di pinggir bahu jalan, jangan lupa juga memasang segitiga pengaman berjarak sekitar 10 meter sebelum mobil anda berhenti.

Baca juga artikel Antara Ban Tubeless Atau Ban Biasa ?