Tips Agar Terhindar Dari Begal Motor

Aksi kejahatan begal motor sekarang ini sedang marak terjadi di mana-mana, telah banyak korban berjatuhan bahkan hingga kehilangan nyawa. Tentunya hal ini sangat tidak di inginkan menimpa diri kita, apalagi jika dalam aktivitas sehari-hari kita sering menggunakan sepeda motor yang menjadi incaran utama para begal jalanan.

Namun bukan berarti pengendara mobil akan aman dari incaran begal ini, karena sudah banyak juga korban pengendara mobil yang ikut terkena aksi para penjahat tidak bertanggung jawab ini. Intinya saat berada di jalanan kita harus selalu siaga menjaga keamanan baik itu sedang berkendara menggunakan mobil ataupun motor.

tips menghindari begal motor

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari begal yang ada di jalanan ini, yang paling utama kita harus bisa mengantisipasi sebelum kejadian terjadi. berikut ini beberapa tips nya :

  • Sebelum bepergian sebaiknya kita mengenali jalur yang akan di lewati, terlebih pada saat malam hari. Jika terpaksa harus melewati daerah yang belum kita kenali dengan baik, pilih jalur yang ramai dan hindari daerah sepi dari pengguna kendaraan lain.
  • Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan juga gunakan parangkat berkendara secara lengkap. Aksesoris seperti spion akan sangat di butuhkan untuk memantau kondisi belakang kendaran jika ada sesuatu kegiatan yang tidak seperti biasa.
  • Hindari berkendara pada saat malam semakin larut, yaitu sekitaran pukul 11 malam lewat. Jikalau terpaksa harus malakukan perjalanan pun, usahakan jangan berkendara sendirian, dan pastikan jalur yang akan di lewati terlebih dahulu, pilih jalur yang paling aman.
  • Jika pada saat berkendara anda mencurigai sesuatu hal yang menjurus kepada aksi begal, seperti berpura-pura minta tolong,tanya alamat, dan sebagainya, sebaiknya jangan di hiraukan. Karena para pelaku begal sebelumnya akan mencari titik kelemahan pengendara, seperti membuat pengendara berhenti sejenak lalu mereka akan melancarkan aksinya.
  • Berikutnya jika terlanjur telah terjadi pengejaran oleh pelaku begal, sebisa mungkin tetap berkendara dengan tidak panik, dan segera cari tempat yang terdapat keramaian. Meski akan sulit untuk bersikap tenang, namun ini sangat penting untuk di lakukan agar pikiran tetap jernih untuk dapat mencari jalan keluar.
  • Terahir jika pembegalan tidak dapat di hindari lagi, sebaiknya hindari perlawanan jika benar-benar tidak memungkinkan. Akan lebih baik jika kita ikuti kemauan mereka agar tidak terjadi sesuatu hal yang lebih membahayakan diri, karena tindak kejahatan seperti ini akan bisa di lacak polisi. Lebih baik kumpulkan berbagai informasi dari identitas pelaku seperti plat nomor kendaraan,pakaian yang di kenakan,logat bicara dan sebagainya.

Fenomena begal motor ini memang menjadi hal yang di takutkan banyak masyarakat, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha menghindari dan selalu meminta perlindungan dari yang maha kuasa setiap akan melakukan perjalanan. Karena resiko yang di hadapi di jalanan bukan hanya begal, namun banyak aksi kejahatan lainnya hingga kecelakaan yang tidak di inginkan bisa saja menimpa setiap pengandara.

Baca juga artikel Tips Aman Berkendara Di Jalan Tol