Suzuki Escudo Bekas Harga Dan Spesifikasi Lengkapnya

Suzuki Escudo – Pada masanya Escudo cukup populer di Indonesia, hadir dengan model mobil jenis SUV dengan dipadukan gaya modern khas perkotaan. Hasilnya Escudo cukup menarik perhatian, hingga dapat dengan mudah kita temui mobil ini di jalanan, bahkan hingga sekarang versi bekasnya pun masih di cari di pasaran.

Diluncurkan pertamakali pada tahun 1998, pada waktu itu jenis mobil SUV belum sebanyak seperti sekarang. Apalagi Suzuki Escudo ini juga di buat dengan disertakan berbagai fitur yang lengkap, sehingga mampu menarik minat masyarakat.

Salah satu yang menarik perhatian yaitu pada bagian suspensinya, pada waktu itu belum banyak diaplikasikan mobil tinggi dengan menggunakan perkeong pada semua bagian kaki-kakinya. Alhasil dengan di gunakannya sistim suspensi tersebut, Escudo mampu memberikan kenyamanan lebih pada seluruh penumpangnya.

Namun masih banyak sisi lainnya yang juga membuat Escudo ini di sukai, Desain kompak sekaligus gagah, modern dan sporty, juga tidak kalah mendongkrak penjualan oleh sebab nama besar Suzuki yang sudah memupuni sebagai pabrikan pembuat mobil ternama di Indonesia.

Terdapat dua model Suzuki Escudo yang di pasarkan di tanah air, generasi pertamanya di kenal dengan Escudo JLX dan NOMADE, model sama namun yang membedakannya hanya pada fitur dan kelengkapannya. Generasi berikutnya di kenal dengan nama Escudo 2.0 dan 1.6. Escudo generasi kedua ini hadir dengan perubahan total pada desain serta mesinnya.

Pada pertengahan generasi kedua ini di pasarkan, Suzuki juga melengkapi pilihan type Escudonya dengan meluncurkan Grand Escudo XL7 yang berbasis sama namun body di buat lebih panjang dan dilengkapi juga dengan mesin yang lebih besar.

Suzuki Escudo JLX Dan NOMADE

Suzuki Escudo

Escudo sebetulnya di luncurkan kepasaran sebagai pengganti dari mobi berdesain sejenis yang kita kenal dengan VITARA. Escudo hadir dengan lebih melengkapi berbagai kekurangan yang ada pada mobil sebelumnya yang juga cukup populer di masyarakat.

Banyak yang menilai generasi Escudo JLX dan Nomade adalah generasi escudo yang paling sukses di pasaran, bahkan jika di bandingkan dengan generasi yang lebih barunya. Desain, ukuran serta performanya dinilai pas untuk digunakan berbagai keperluan, dari untuk berwara-wiri di perkotaan, pelsiran keluar kota, bahkan jika perlu diajak untuk beroff road ringan pun Escudo masih bisa diandalkan. Penggunanya pun bisa datang dari berbagai kalangan, dari anak muda, dewasa hingga profesional baik pria maupun wanita.

Menggunakan mesin berkapasitas 1600 cc SOHC 16 katup 4 Silinder segaris. Salah satu yang disayangkan dan menjadi kekurangannya adalah masih mengadopsi sistim suplai bahan bakar Karburator sehingga konsumsi bensinnya cukup boros. Namun hal ini tentunya menjadi sesuatu yang wajar, karena pada tahun diperkenalkannya teknologi Injeksi masih belum banyak di gunakan di kelas mobil entry level seperti Escudo ini.

Meski begitu, performa yang tersedia masih cukup memupuni untuk diandalkan. Output tenaga maksimalnya mencapai 85  HP pada pada 6000 Rpm, sedangkan torsi maksimal terukur 14,7 Kgm pada 4500 Rpm. Kekurangan yang ada juga tergantikan dengan kemudahan perawatan pada mesin, maka tidak heran hingga kini mobil ini masih banyak di gunakan dengan berkondisi cukup baik.

Selanjutnya pasaran harga untuk Suzuki Escudo JLX dan Nomade bekas ini tercatat mulai 50 jutaan untuk keluaran tahun awal, hingga 65 jutaan untuk versi dengan tahun yang lebih mudanya, tentunya tergantung dari kondisi fisik dari kendaraannya sendiri.

Baca juga review suzuki celerio indonesia

Suzuki Escudo 2.0 Dan 1.6

escudo 2.0

Berikutnya generasi Suzuki Escudo terbaru di luncurkan mulai tahun 2001 dengan mengusung perubahan total pada seluruh bagian desain juga mesinnya. Modelnya kini menjadi semakin bongsor dengan desain yang lebih modern namun tetap kesan gagah masih terpancar dari sekujur bodynya. Kenyamanan dan desain interiornya pun tentunya lebih maksimal dari generasi sebelumnya, tak ketinggalan sisi performa pun ikut di tingkatkan dengan penggunaan mesin baru yang kini sudah berteknologi Injeksi yang lebih modren.

Mesin Suzuki Escudo 2.0 berkapsitas 2000 cc Injeksi DOHC 4 Silinder segaris, keluaran tenaga hingga 128 HP pada 5.900 Rpm dan torsi sebesar 174 NM pada 2.900 Rpm. Dan kini juga terdapat pilihan transmisi matik dengan 4 percepatan yang bisa jadi pilihan.

Sedangkan untuk mesin Suzuki Escudo 1.6, berkapasitas 1600 cc SOHC. Kini sudah mengaplikasi sistim bahan bakar Injeksi sehingga penggunaan bahan bakar lebih terjaga. Output tenaganya tersedia hingga 107 HP pada 6.000 Rpm sedangkan torsi yang di hasilkannya hingga 14,7 Kgm pada 4.500 Rpm.

Namun kiprahnya di dunia otomoti tanah air generasi terbaru ini tidak sanggup mengulang sukses generasi sebelumnya. Meski begitu penjualannya terhitung laris di pasaran, hanya saja Suzuki Escudo ini tidak mendominasi kelas SUV di kala itu. Mungkin salah satu yang menjadi penyebabnya adalah gempuran dari kompetitor pabrikan lain yang juga ikut merambah kelas ini, sebut saja adanya Honda CRV, Nissan Xtrail, Ford Escape dan lain sebagainya.

Sekarang ini harga pasaran untuk Suzuki Escudo bekas type 2.0 mulai tahun 2001 hingga 2006 berada di kisaran 65 hingga hingga 80 jutaan, tidak berbeda jauh dengan versi 1.6 nya, hanya tergantung dari kondisi kendaraannya saja yang menentukan.

Baca juga harga suzuki swift bekas dan ulasan spesifikasinya

Suzuki Grand Escudo XL7

escudo xl7

Sumber gambar : wikipedia.org

Pada sekitar tahun 2003 saat Suzuki Escudo 2.0 dan 1.6 di pasarakan, Suzuki tergerak untuk meluncurkan Grand Escudo yang di buat dengan lebih eksklusif dari type yang lainnya. Tampilan secara keseluruhan bisa di katakan serupa, namun yang paling membedakan adalah dari ukurannya yang lebih melar, sehingga di tambahkan emblem XL atau Xtra Large dengan ahiran angka 7 yang berarti kapasitas penumpangnya sanggup di isi hingga 7 orang atau 7 seater.

Mesin yang di benamkan pun spesifikasinya jauh lebih makasimal, dengan kapasitas yang juga lebih besar. 2500 cc DOHC dengan konfigurasi 6 Silinder V6 16 katup. Tentu dengan mesin sebesar ini tenaga pun terkerek naik menjadi 156 HP pada 6.500 Rpm, sedangkan torsi tersedia hingga 213 NM pada 3.500 Rpm.

Body dan mesin bongsor, di padukan dengan kualitas interior yang bisa di bilang cukup mewah, dengan balutan lapisan jok kulit pada semua bagian tempat duduknya. Ditambah dengan fitur yang lebih lengkap menyertainya, seperti rem ABS dan EBD, Dual Air Bag dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan Suzuki Escudo XL7 bekas termewah sekarang ini, anda harus persiapkan kocek antara 80 juta hingga 90 juta rupiah. Tentunya juga masih bergantung dari pada kondisinya.

Itulah Ulasan mengenai mobi Suzuki Escudo yang dulu pernah di pasarkan di Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah informasi kita semua.

Baca juga artikel suzuki aerio pasaran harga dan spesifikasi lengkap