HOME

Home » Tips & Trik » Solusi Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Solusi Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Posted at Mei 13th, 2015 | Categorised in Tips & Trik

memperbaiki aki kering

Aki atau akumulator dikenal dengan istilah lead acid battery atau accu. Aki merupakan media penyimpan tegangan energi listrik yang berbentuk senyawa kimia. Dalam aki terdapat banyak sekali sel sekunder yang bermanfaat sebagai penghasil arus listrik. Sel sekunder pada aki tersebut memiliki sifat yang tidak boros akan energi dibanding dengan sel primer. Dalam sebuah aki yang standart biasanya mengandung tegangan kurang lebih dua volt.

Di dalam aki terdapat banyak sekali senyawa-senyawa kimia yang mana senyawa inilah nantinya yang menghasilkan reaksi kimia sehingga mampu mengeluarkan energi listrik. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi saat ini telah didapati aki kering. Ciri khas aki kering ialah tidak memerlukan pengisian ulang yang berupa cairan elektrolist asam sulfat. Berbeda dengan aki basah yang cara kerjanya masih bergantung pada cairan asam sulsat tersebut.

Akan tepi jika dilihat dari keawetannya maka aki kering basah lebih cenderung awet dibandingkan aki kering. Sebab aki kering tidak dapat diisi ulang. Artinya, jika aki kering soak atau mulai rusak maka harus mereparasinya atau menggantinya dengan yang baru. Berbeda dengan aki basah yang mana ketika mulai soak bisa diperbaharui melalui pembaharuan asam sulfat.

Fungsi Aki Kering pada Kendaraan

Pada zaman yang serba canggih ini, teknologi transportasi telah dapat dinikmati oleh semua kalangan. Harganya yang murah, fiturnya yang canggih, serta teknis penggunaannya yang mudah membuat masyarakat menjadikan kendaraan bermotor sebagai kebutuhan yang tidak tergantikan. Motor dan mobil adalah jenis kendaraan yang paling diminati masyarakat.

Kendaraan bermotor sangat bergantung pada manfaat aki. Sebab komponen aki inilah yang akan menghasilkan sumber arus listrik. Aki akan selalu mengeluarkan arus listrik ketika anda menyalakan mesin kendaraan, baik motor maupun mobil. Aki dipilih sebagai penghasil arus listrik sebab aki memiliki sifat yang mampu mengisi kembali energi yang akan habis. Hal ini akan sangat bermanfaat membuat kendaraan berumur panjang. Pada kondisi yang normal, aki akan dapat bertahan hingga 12 bulan.

Pada kendaraan mobil, aki sangat berguna untuk mensuplai arus listrik. Arus listrik inilah yang akan membuat elektrik starter yang mampu menyalakan mesin mobil. Di samping itu, arus listrik dari aki mobil ini juga berfungsi untuk menyalakan TV portable, pemutar musik, AC, Lampu, klakson, electrik windows, alarm, dan lain sebagainya. Artinya, jika aki mobil tidak bekerja maksimal maka mobil tidak akan dapat nyaman digunakan.

Adapun pada kendaraan jenis motor, aki akan bertugas mensuplai energi untuk kebutuhan motor. Pada motor aki berfungsi untuk menyalakan lampu, klakson, electric starter. Karena kerja aki pada motor cenderung lebih sedikit tentu tegangan yang dibutuhkan pada kendaraan motor lebih kecil dibandingkan dengan aki mobil.

Baca juga Menghemat Bbm Dengan Cara Mengemudi Yang Benar

Baca juga Ingin Ban Mobil Lebih Awet Lakukan Perawatan Ini

Tips Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Aki kendaraan bermotor, khususnya aki kering seringkali mengalami soak atau kerusakan. Hal ini diakibatkan volume penggunaan yang tinggi dan perawatan yang kurang. Untuk itu, jika anda mengalami kerusakan pada aki kendaraan ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

Untuk memperbaiki aki kering yang soak sebenarnya tidak terlalu rumit. Jika anda cukup terbiasa dengan komponen kendaraan maka anda bisa langsung mengambilnya dari box motor atau mobil. Kemudian ketika aki sudah anda keluarkan dari tempatnya selanjutnya adalah membuka penutup aki. Penutup ini biasanya terdiri dari tiga buah lubang yang dikencangkan dengan penutup karet. Dan jika anda sudah membuka penutupnya maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memasukkan Accu Zuur. Accu Zuur merupakan cairan yang berbahan sulfur atau senyawa H2SO4. Accu Zuur ini bisa anda dapatkan di toko-toko otomotif terdekat.

Isikan Accu Zuur ke dalam aki kering kurang lebih hingga 1 cm jaraknya dari mulut lubang aki. Kemudian tutuplah rapat-rapat kembali lubang aki tadi. Jika sudah yakin rapat anda bisa memasangkan kembali aki tersebut ke dalam box kendaraan. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai salah dalam memasang kabel.

Akan tetapi apabila anda tidak terbiasa dengan bongkar-membongkar kendaraan anda bisa meminta bantuan ke dealer terdekat. Sebab. Jika anda salah memasang kabel atau mengisi bahan sulfat yang salah justru dapat berakibat fatal pada mesin kendaraan anda.

Baca juga artikel Antara Ban Tubeless Atau Ban Biasa ?

 


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More