Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Tidak terasa bulan ramadhan akan segera kita jelang sebentar lagi, segala persipan pun harus segera di lakukan termasuk diantaranya persiapan mudik pada tahun 2015 ini. Untuk itu kami dari tim hargamotormobil.com akan memberikan sedikit tips bagi anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi.

Sebabnya perjalanan mudik umumnya di tempuh dengan jarak yang cukup panjang, bagi masyarakat yang memiliki kampung halaman nan jauh persiapan pada mobil pun harus di lakukan agar perjalanan anda nyaman. Terlebih lagi musim mudik yang menjadi tradisi di negara kita ini sering kali di warnai dengan lalu lintas yang padat atau macet karena pelaksanaan yang hampir serentak di setiap wilayah. Mobil akan di paksa menghadapi kondisi medan kerja yang berat, tidak jarang pengguna kendaraan mengalami mogok di jalan karenanya.

persiapan mudik dengan mobil

Agar situasi tersebut tidak anda alami, maka persiapan mobil yang akan di gunakan mudik mutlak di perlukan. jangka waktu beberapa bulan ini bisa kita manfaatkan untuk memeriksa komponen mobil apa saja yang perlu di perbaiki atau di ganti, agar nantinya kendaraan siap menghadapi berbagai kondisi jalan yang berat.

Apa sajakah yang perlu kita perhatikan pada mobil agar fit di pakai mudik nanti ? Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Periksa Jadwal Ganti Oli

oli merupakan komponen penting di dalam mesin, fungsinya sangat vital bagi kendaraan anda. Tugas utamanya adalah melindungi bagian dalam mesin dari gesekan antar komponen, oli yang sudah lama di pakai daya lumasnya sudah menurun sehingga fungsi melindunginya akan turun.

Terlebih lagi jika mobil yang di gunakan sering melewati jalanan macet seperti pada perjalanan mudik lebaran yang mengaharuskan part di dalam mesin bekerja lebih berat, interval pergantian oli untuk mobil yang sering di pakai macet sebaiknya sering di lakukan. Mobil jika di paksakan menggunakan oli yang kualitasnya sudah buruk akan membuat part didalam mesin cepat rusak karena gesekan.

Umumnya pergantian oli ini dilakukan setiap 5 ribu kilometer atau untuk mobil keluaran terkini boleh hingga 10 kilometer sekali. Gunakan oli yang sesuai spesifikasi agar fungsinya maksimal menjaga mesin mobil.

  • Periksa Spare Part Kendaraan

Spare part atau onderdil mobil tentunya ada jangka waktu masa pakainya, dan harus segera di ganti jika telah habis masa pakainya. Misalnya saja kampas rem, aki, filter oli dan bensin, kopling, berbagai belt, busi, saringan udara dan banyak lagi lainnya.

Luangkan waktu juga untuk memeriksa kondisi onderdil yang kategori masa pakainya cukup lama ( slow moving ), karena bagian ini seringkali pengguna lengah karena masa pakainya panjang. Misalnya saja Timing Belt, Komponen kaki-kaki, shokbreaker, Radiator hingga ban kendaraan yang termasuk didalamnya.

Komponen tersebut akan sangat berpengaruh jika pada saat perjalanan mudik ada salah satunya yang rusak, terlebih lagi juga spare part yang berkategori ini agak sulit didapat dan memerlukan langkah service yang besar.

Baca juga solusi memperbaiki aki kering yang rusak

  • Periksa Radiator

Sangat sering bagian ini menjadi penyebab utama mobil mogok di tengah perjalanan, funsinya sebagai pendingin mesin sangat penting di perlukan. Sehingga persiapan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi berikutnya adalah memeriksa fungsi radiator agar berjalan maksimal.

Paling sering terjadi akibat ada sumbatan pada saluran air radiator, sehingga menyebabkan bocor, lalu sering juga akibat ada komponen pada radiator yang sudah rusak, seperti pada selang-selang radiator.

Maka service pada radiotor ini sangat di perlukan dengan mencopot seluruh bagian dan mengganti air di dalamnya, lalu amati bagian mana yang rentan rusak, jika di deteksi akan ada kemungkinan komponen yang sudah rentan rusak sebaiknya di ganti dengan yang baru.

Baca juga mobil bekas favorit berharga 70 jutaan

  • Periksa kondisi ban

Fungsinya yang berkaitan dengan keamanan berkendara maka jangan sampai terlewatkan untuk memeriksa kondisi seluruh ban termasuk ban serepnya. Kontur jalan yang tidak bisa di prediksi seperti misalnya jalanan berlubang, bisa membuat ban pecah seketika saat melewatinya dengan kondisi ban yang sudah kurang baik.

Selain itu memaksakan berkendara dengan ban yang sudah gundul pada kecepatan tinggi, akan sangat membahayakan seluruh penumpang didalamnya. Maka tidak ada toleransi lagi untuk kondisi ban yang sudah gundul selain menggantinya dengan yang baru.

Jangan lupakan juga sebelum melakukan perjalanan mudik nanti memeriksa tekanan angin ban seluruhnya, isi dengan kapasitas yang sesuai rekomendasi pabrikan agar lebih maksimal daya kerjanya.

Demikian beberapa diantaranya tips untuk persiapan mudik menggunakan mobil pribadi, semoga bisa menjadi pengingat bagi anda sebelum melakukan perjalanan, agar aman dan nyaman sampai tempat tujuan.

Baca juga artikel antara ban tubeless atau ban biasa