Persiapan Dan Tips Mudik Menggunakan Motor

Menggunakan motor untuk pulang kekampung halaman di hari raya idul fitri atau istilahnya “mudik” semakin banyak dipilih masyarakat Indonesia. Banyak alasan yang menyertainya, seperti dinilai lebih ekonomis di bandingkan dengan naik angkutan umum, hingga dinilai bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan sebab seperti yang kita tahu pada moment seperti ini lalu lintas dimana-mana sangat padat.

Apapun yang menjadi alasan mereka, menempuh perjalanan mudik menggunakan motor memerlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Sebabnya keamanan motor tentu saja lebih rentan di bandingkan dengan mobil, kurang kehati-hatian pengendara, kurangnya persiapan pada motor itu sendiri, hingga lalu lintas yang sangat padat bisa mengakibatkan malapetaka pada perjalanan.

persiapan mudik menggunakan motor

Untuk menghindari hal tersebut, hendaknya kita selalu memperhatikan dan mengutamakan faktor keamanan selama perjalanan, dan jangan lupa juga persiapkan kendaraan motor anda dengan maksimal. Untuk itu dalam artikel ini kami akan bahas beberapa persiapan dan juga tips mudik menggunakan motor :

Persiapan Motor

Pertama yang harus di perhatikan persiapan pada motornya itu sendiri. Jenis motor yang biasa di pergunakan mudik bisa beragam dari motor bebek, motor besar hingga motor matic, langkah yang harus di siapkan pada umumnya sama, seputar kesiapan motor untuk di pacu dalam waktu yang lama. diantaranya :

  • Lakukuan Service Menyeluruh

Akan jauh berbeda kondisi medan jalan yang dilalui antara waktu perjalanan mudik dengan perjalanan harian seperti biasa. Pada saat mudik mesin motor akan bekerja lebih keras, utamanya akibat kondisi lalu lintas yang padat dan macet.

Maka sebelumnya service menyeluruh pada motor harus di lakukan, meliputi ganti oli, busi, filter-filter, saringan udara, kampas rem dan lain sebagainya. Untuk motor berjenis matic, perhatikan juga kondisi belt dan juga kopling transmisi, karena bagian ini rentan panas dan slip pada saat bermacet-macetan.

  • Periksa Kondisi Ban dan Kaki-kaki

Ban motor sangat mempengaruhi keamanan anda dalam berkendara, jangan paksakan menggunakan ban yang sudah tidak berkondisi baik atau gundul untuk di pakai menempuh perjalanan mudik. Begitu pula bagian kaki-kaki, shockbreaker, velg, pastikan masih maksimal menahan beban, juga jangan sampai pengendalian motor goyang yang di akibatkan dari komponen kaki-kaki kurang baik.

  • Periksa Sistem Kelistrikan

Jangan sampai terlewatkan untuk memeriksa kondisi kelistrikan motor, yang meliputi aki dan pengisiannya, kabel-kabel, aneka penerangan, dan lain sebagainya.

Baca juga harga dan spesifikasi motor matic bekas pilihan

Persiapan Fisik Pengendara

Berkendara saat mudik pakai motor juga akan jauh berbeda jika di bandingkan dengan kondisi berkendara sehari-hari. Karena jarak yang akan di tempung umumnya berjarak cukup jauh maka akan di perlukan beberapa persiapan agar kondisi tubuh fit, sehingga lebih waspada dalam melakukan perjalanan :

  • Cukup Istirahat

Sebelum melakukan perjalanan pastikan tubuh fit, istirahat cukup, dan perbanyak asupan vitamin. Kondisi tubuh yang tidak segar sering dapat menurunkan daya konsentrasi, ini yang paling sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

  • Lakukan Istirahat Secara Berkala

Pada saat perjalanan, jangan paksakan jika kondisi tubuh sudah lelah. Idealnya perjalanan pakai motor memerlukan waktu istirahat sekitar 2 jam sekali, itu pun tidak bisa menjadi patokan pasti, jikalau kondisi lalu lintas terlampau menguras tenaga seperti macet di siang hari, maka jatah waktu istirahat bisa di percepat.

  • Bawa Persiapan Perbekalan

Terutama untuk barang-barang yang sulit di temukan di perjalanan, seperti obat-obatan, vitamin, persiapan telekomunikasi dan lain sebagainya.

Baca juga tips agar terhindar dari begal motor

Perlengkapan Penting

Ada beberapa barang penting yang harus di persiapkan untuk di bawa pada perjalanan mudik menggunakan motor, utamanya untuk perlengkapan kendaraan :

  • Peralatan Service

Kunci-kunci seperti obeng, kunci busi, tang, hingga kotak P3K harus tersedia pada motor sebagai langkah antisipasi pada saat mengalami kondisi darurat di perjalanan. Sebaiknya juga persiapkan peralatan cadangan seperti, ban dalam, busi, lampu-lampu, sebagai serep jikalau rusak di jalan.

  • Peralatan Keamanan

Sediakan emergency lamp, atau lampu emergency untuk mengantisipasi jikalau mengalami kondisi darurat di malam hari. Selain itu jas hujan, masker juga akan di perlukan jikalau menghadapi cuaca yang kurang bersahabat.

  • Perlengkapan Berkendara

Pastikan juga pengendara dan penumpang menggunakan perlengkapan yang menunjang untuk menempuh perjalanan menggunakan motor. Seperti jaket yang cukup tebal, celana jeans, sepatu, sarung tangan dan paling penting gunakan selalu pelindung kepala atau helm yang mempu menjaga dengan aman.

Demikian beberapa persiapan dan juga tips untuk melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor. Sertai juga dengan senantiasa berdoa memohon perlindungan kepada yang maha kuasa selama menempuh perjalanan hingga sampai tempat tujuan.

Baca juga persiapan mudik menggunakan mobil pribadi