Perawatan Terbaik Untuk Motor Matic

Perawatan motor matic sudah seharusnya menjadi perhatian bagi siapa saja yang memiliki motor matic. Saat ini motor matic banyak digemari oleh orang. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Mulai dari pekerja, pelajar, bahkan pengusaha. Banyak orang memilih motor matic dikarenakan motor matic sangat mudah untuk digunakan. Dengan mengendarai motor matic anda tidak perlu belajar bagaimana cara memindahkan gigi atau mengatur kopling motor. Meskipun tujuan awalnya motor matic ini diproduksi untuk pasar wanita tapi kenyataannya motor matic banyak juga digunakan oleh kaum pria.

Hal utama yang menjadi alasan motor matic banyak dipilih masyarakat ialah karena perawatan motor matic yang cenderung lebih mudah. Selain perawatannya yang mudah banyak sekali varian motor matic yang terus bermunculan. Mulai dari fitur yang canggih, inovasi desain yang selalu ditingkatkan serta harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat bawah. Keistimewaan-keistimewaan inilah yang jarang ditemukan di motor-motor lainnya.

perawatan motor matic

Motor matic juga terkenal lebih lincah dan irit. Oleh karenanya perawatan motor matic pun sangat mudah. Sebab motor matic bisa disebut juga sebagai motor yang sangat praktis tapi mampu digeber hingga kencang. Jadi meskipun jaraknya jauh motor matic juga bisa diandalkan.

Akan tetapi, meskipun banyak keistimewaan yang dimiliki motor matic ternyata banyak juga lho yang belum tahu cara perawatan motor matic. Meskipun motor matic dilengkapi dengan sistem yang serba otomatis, tapi motor jenis ini juga masih memerlukan perawatan yang teliti lho ya. Baiklah simak beberapa tips berikut ini agar anda tahu bagaimana cara merawat motor matic anda supaya selalu dalam kondisi yang prima.

  • Panaskan mesin motor sebelum digunakan

Mesin motor itu seperti manusia. Jika mesin mati berarti ia sedang dalam kondisi istirahat. Terlebih lagi mesin yang lama didiamkan. Untuk itu, sebelum anda menggunakan motor untuk jalan sebaiknya panaskan mesin motor terlebih dahulu. Untuk memanaskan mesin cukup nyalakan motor kurang lebih 1-5 menit. Perawatan model ini bertujuan untuk memanaskan mesin serta pelumas yang ada di dalamnya.

  • Lakukan service secara rutin

Motor matic sangat memerlukan perawatan intensif. Untuk merawatnya anda tidak perlu kursus terlebih dahulu. Cukup bawa ke dealer untuk menservice secara berkala. Pastikan bahwa oli motor selalu diganti paling tidak 2 bulan sekali atau setiap 2000 km.

  • Pilih Sparepart asli

Agar motor matic anda terawat dengan baik pastikan bahwa sparepart motor anda benar-benar asli. Jika anda ragu terhadap kualitas sparepart yang ada di bengkel-bengkel tidak resmi sebaiknya serahkan urusan ini pada dealer resmi sesuai tipe motor matic anda.

  • Bijak dalam menggunakan

Poin ini juga tidak kalah pentingnya. Khususnya ketika saat anda berkendara sebaiknya tidak menggunakan motor secara terkaget-kaget. Maksudnya adalah ketika gas anda pelan jangan kemudian langsung menaikkannya menjadi gas kencang tiba-tiba atau sebaliknya. Sebab hal ini justru akan menjadikan mesin motor tidak stabil. Gunakanlah gas motor secara stabil agar motor tetap awet.

Itulah beberapa tips perawatan motor matic yang bisa anda praktekkan agar motor matic anda tetap terjaga kualitasnya.

Baca juga harga dan spesifikasi motor matic bekas pilihan