Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar. Baik itu pada sistim motor yang masih menggunakan karburator, ataupun yang sudah mengaplikasikan teknologi injeksi.

Untuk masalah pada karburator, hal ini biasanya terjadi karena setelan pada karburator yang tidak sesuai. Terjadi sebuah keadaan, di mana komposisi dari bahan bakar dengan udara tidak sebanding. Sehingga sangat dianjurkan pada pengguna, sewaktu akan memanaskan motor pada pagi hari, pada saat starter sebaiknya menggunakan choke (jika tersedia).

Penyebab Dan Solusi Sepeda Motor Sulit Di Starter

Kemudian, cek elektroda busi dari hasil pembakaran jika pembakaran normal, maka elektroda akan berwarna kecoklatan dan jika elektroda berwarna hitam atau putih hal tersebut berindikasi terdapat proses pencampuran bahan bakar yang tidak sempurna sehingga mengakibatkan mesin sulit untuk hidup, sebaiknya setiap pemakaian 8.000 km perjalanan, langsung lakukan pengontrolan dan busi harus diganti.

Nah, jika untuk sistem motor yang berteknologi injeksi, seharusnya sudah tidak ada masalah lagi dengan mesin susah hidup pada saat kondisi dingin karena sudah dilengkapi dengan sejumlah sensor, sepanjang motor tidak memiliki indikator gangguan pada MIL (Malfuction Indicator Lamp) yang menyangkut dengan pengoperasian throttle body maupun IACV (Idle Air Control Valve).

Baca juga artikel idling stop system (ISS) teknologi terbaru motor honda

Hal ini sangat penting untuk di perhatikan bagi setiap pengendara motor apalagi untuk anda yang menggunakan motor matic. Karena jika terjadi pastinya akan sangat merepotkan, pasalnya sewaktu motor matic susah hidup, kita akan bingung bagian mana yang rusak atau bermasalah. Sebab, semua komponen tertutup oleh body, seperti busi, karburator dan lain sebagainya.

Jika kita kebetulan dekat dengan bengkel resmi tentunya biasa masih tertolong, namun jika tidak ? Mau tidak mau kita harus mencopot satu persatu bagian bodi dan baru terlihat permasalahannya. Maka dari itu rutinlah selalu untuk merawat kondisi motor, jangan sampai menyesal kemudian.

Selanjutnya yang juga sering membuat motor sulit dihidupkan adalah sebab terdapat masalah pada sistim kelistrikan, mulai dari aki hingga kabel-kabel dan termasuk juga pada sekring yang terdapat pada sepeda motor. Bisa saja karena aki tekor, sekring putus, atau bisa juga karena sebab ada kabel yang terkelupas. Sistem kelistrikan ini memang lebih rumit untuk di telusuri kerusakannya, terlebih jika terindikasi terdapat masalah pada kabel, untuk itu pastikan bagian ini selalu berkondisi maksimal.

Baca juga artikel tips merawat performa motor agar tetap maksimal