Panduan Memilih Nissan Grand Livina Bekas

Mobil berjenis MPV yang cukup menjadi incaran di pasaran mobil bekas salah satunya adalah Nissan Grand Livina ini. Daya tampung penumpang yang banyak seringkali menjadi alasan kendaraan ini menjadi pilihan. Dari awal kemunculannya di tahun 2007, kendaraan ini langsung mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Klaim dari pabrikan pembuatnya yang mendesain mobil ini agar sesuai dengan masyarakat kita pun terbukti membuahkan hasil.

Grand livina menjadi salah satu mobil keluarga yang tergolong nyaman di kendarai, baik oleh penumpang maupun pengemudi. Desain nya yang lebih terlihat modern menjadikannya alternatif pilihan dari MPV tersukses Avanza dan Xenia yang lebih dahulu hadir. Dengan melengkapi kekurangan yang ada pada pesaingnya, Nissan Livina hingga kini sukses mendapatkan perhatian dari konsumennya.

Memilih Grand Livina bekas

Beberapa Kelebihan Yang Di Miliki

Selain sanggup menampung 7 anggota keluarga dengan nyaman, Grand Livina ini juga termasuk irit dalam pemakaian bahan bakar, terutama untuk yang bertransmisi manual. Tercatat pada kondisi baru mobil ini memiliki konsumsi bbm 1 liter untuk 10 Kilometer (1 : 10) untuk pemakaian dalam kota dan 1 : 13 untuk jalur luar kota. Tetapi ini di hitung pada saat kondisi mobil baru dengan perawatan mesin yang maksimal.

Tenaga yang di keluarkan juga cukup responsif untuk kelas MPV, mesin 1500 cc nya dapat dengan mudah melewati tanjakan serta tikungan jalur luar kota yang berat dan pengendalian mobil pun cukup dirasa maksimal tanpa ada gejala limbung yang berlebihan.

Komponen Yang Harus Di Perhatikan

Jika anda berminat dengan mobil bekas keluaran Nissan ini, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian terutama jika berniat membeli tahun keluaran lama. Sering kedapatan pada Grand Livina keluaran awal, hembusan AC kurang dingin, salah satu penyebabnya adalah evapolator yang bocor, Namun hal ini jarang terjadi jika pemilik sebelumnya rajin merawat komponen AC.

grand livina interior

Lalu ada juga yang mengeluh soal sokbreaker yang sudah saatnya tiba untuk di lakukan pergantian, gejala yang dirasakan dalam berkendara adalah terasa mengayun saat melewati jalanan yang bergelombang, juga akan terasa limbung saat di tikungan. Secara fisik juga dapat di lihat dari kolong mobil jika terdapat rembesan berupa oli dari bagian sokbreaker, maka kinerjanya sudah tidak maksimal. Ini sangat wajar terjadi pada mobil bekas terutama yang sudah melewati 5 tahun, terlebih Grand Livina ini berjenis MPV yang lazim mengangkut beban penumpang yang berat.

Untuk bagian lain anda bisa lakukan pemeriksaan seperti biasa, seperti perhatikan suara mesin saat menyala, jangan sampai ada suara-suara kasar. Dan perhatian ekstra harus di lakukan pada mobil berjenis matic, perlakuan yang tidak sesuai terkadang banyak di lakukan pemilik sebelumnya, seperti jarang melakukan pergantian pada oli matic yang dapat memperpendek usia pakai transmisi jenis ini.

Pada bagian tampilan baik interior atau pun eksterior, meski pada Grand Livina tahun keluaran awal umumnya masih terjaga dengan baik. Dengan catatan belum pernah mengalami benturan yang serius, jika terdapat baret-baret ringan itu sangat wajar sebab mobil ini berkondisi bekas.

Baca juga artikel Banyak Beredar Mobil Bekas Banjir, Kenali Berbagai Cirinya