HOME

Home » Mobil » Tips & Trik » Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3rd, 2017 | Categorised in Mobil, Tips & Trik

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna yang mengkilat akan terlihat lebih menarik. Cat mobil selalu terpapar dengan cuaca luar, panas matahari serta hujan yang tidak menentu. Kondisi tersebut jelas mempengaruhi kualitas warna dari cat mobil. Oleh sebab itu selain memperhatikan serta merawat mesin mobil, cat juga harus diperhatikan. Banyak orang beranggapan merawatnya cukup dengan mencuci saja, anggapan ini belum benar, masih banyak treatment lain yang harus dilakukan agar cat mobil tetap mengkilap dan mulus! Daripada penasaran bagaimana membuat cat mobil tetap mulus, lakukan cara merawat cat mobil.

Tipe Cat Mobil

Sebelum mengetahui tips agar cat mobil mengkilap seperti baru, anda terlebih dahulu harus mengetahui beragam jenis cat mobil. Tujuannya supaya anda lebih paham dan bila ingin berganti cat tidak sembarangan dalam memilih. Pada dasarnya cat mobil mempunyai 3 tipe, diantaranya sebagai berikut.

     Nitro celulose (NC)

Jenis cat yang pertama ini umum dipergunakan pada mobil keluaran tahun 80an. Dimana mempunyai ketidak stabilan pada warna serta kilapnya, jadi anda harus sering sering memolesnya. Bila anda ingin menggunakan cat ini, perawatan dengan obat poles yang berbahan silikon dapat dipilih.

     Nitro celulose modified

 

Berbeda dengan sebelumnya, jenis cat NC Modified ini banyak digunakan untuk mobil keluaran 90an. Sebenarnya bahan dasar dari cat ini tidak berbeda jauh dengan NC biasa, hanya saja telah terdapat bahan tambahan hardener didalamnya. Sehingga membuat warna cat lebih kuat. Segi perawatan juga dapat menggunakan bahan perawatan yang sama dengan jenis NC biasanya.

     Polyurethane (PU)

PU merupakan jenis cat yang banyak digunakan pada mobil mobil tahun 2000 ke atas. Jenis cat ini memiliki keunggulan yakni daya tahan tinggi dibandingkan jenis cat sebelumnya. Guna perawatan lebih dianjurkan menggunakan bahan organik, namun yang paling cocok dipergunakan adalah bahan carnauba. Banyak alternatif lain yang dapat dipergunakan, tapi hindari perawatan dengan bahan dasar silikon.

Perawatan Cat Mobil

  1. Cuci dengan sabun khusus

Ketika mencuci body mobil, seharusnya menggunakan shampoo mobil bukan asal menggunakan sabun maupun shampo lainnya. Sebab shampo tersebut mengandung banyak zat zat yang memang dikhususkan untuk membersihkan cat mobil, jadi bukan asal berbusa ya. Sembarangan menggunakan shampo pembersih mobil juga jadi penyebab kusamnya body cat mobil. Lakukan pencucian ini paling tidak 1 atau 2 minggu sekali, kotoran dan debu yang menempel akan menimbulkan kerak dan sulit dihilangkan.

  1. Kompon body mobil

Kompon mobil tidak dapat dilakukan secara sembarangan, bukan seluruh bagian mobil yang di kompon ya. Ketika membersihkan mungkin terdapat kotoran yang sulit dihilangkan, atau bekas goresan yang mengurangi kilap mobil. Cara merawat cat mobil yang seharusnya dilakukan ialah mengkompon beberapa bagian saja agar kembali mulus seperti biasanya. Pastikan kanebo yang dipergunakan bersih dari berbagai kotoran. Kotoran atau kerikil sangat kecil saja dapat menimbulkan goresan pada mobil lebih parah. Poles menggunakan kanebo dengan cara searah jarum jam. Tak lupa memperhatikan kompon pilihan yang mengandung pembersih kotoran dan goresan.

  1. Pengkilap cat

Selesai dicuci dan dimuluskan, saat nya menjalankan tips mengkilapkan cat mobil selanjutnya yakni memberikan pengkilat cat. Dapat diibaratkan seperti shampoo dan conditioner, pengkilap cat tersebut diberikan setelah mobil selesai di bersihkan. Setelah selesai membersihkan dengan shampoo, lap mobil hingga kering, barulah dilanjutkan dengan memberikan pengkilap cat. Fungsi utamanya adalah mengangkat debu debu lembut pada mobil serta menjaga warna cat. Berikan pengkilap tersebut keseluruh bagian body mobil. Pasti mobil anda akan bersih, mulus dan semakin kinclong!

  1. Wax

Wax dapat dijadikan alternatif guna mengkilapkan cat, namun bahan ini lebih recommended. Sebab wax mempunyai komponen bahan dasar seperti lilin yang tidak mengikis lapisan cat. Sehingga lebih aman dan tidak akan mengikis warna yang membuat kusam.

Demikianlah kupasan kita kali ini yang dapat segera dipraktikkan sendiri di rumah. Selain memperhatikan teknik membersihkan dan mengkilapkan, cara merawat cat mobil juga harus memperhatikan jenis cat yang dipergunakan. Bila anda tengah sibuk dapat pula dibersihkan di salon mobil.

Diskripsi : cara merawat cat mobil harus memperhatikan teknik membersihkan, membuat kilap dan perawatan sesuai jenis cat.

 


Artikel Menarik Lainnya

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Posted at Agustus 11, 2017

Hadir disegmen low MPV, Mobil Wuling Confero pun akhirnya dipasarkan di Tanah Air. Bahkan mobil garapan PT SGMW Motor Indonesia ini sedang mengembangkan serta memproduksi... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More