HOME

Home » Tips & Trik » Mesin Mobil Cepat Panas ? Inidia Biang Keladinya

Mesin Mobil Cepat Panas ? Inidia Biang Keladinya

Posted at November 12th, 2015 | Categorised in Tips & Trik

Sangat merepotkan tentunya saat kita di hadapkan dengan berbagai masalah kerusakan pada mesin mobil yang sedang digunakan, waktu, tenaga serta biaya sudah pasti harus siap-siap di keluarkan. Apalagi jika kerusakan tersebut terjadi ketika kita sedang berada di tengah-tengah perjalanan, semoga saja kita semua terjauh dari masalah yang demikian.

Namun itulah salah satu resikonya jika kita bepergian dengan kendaraan pribadi, kita di tuntut harus selalu siaga untuk menghadapinya. Meski begitu salah satu yang bisa kita upayakan agar kerusakan mesin tidak terjadi tiba-tiba, kita harus meluangkan waktu untuk melakukan perawatan rutin pada mesin mobil, sehingga jika ada potensi kerusakan yang akan terjadi bisa sedini mungkin di ketahui.

Seperti pada masalah mesin mobil cepat panas (overheat) ini, dengan selalu rajin mengikuti perawatan berkala pada mobil sebetulnya masalah seperti ini bisa di hindari. Sebabnya setiap kendaraan memiliki masa batas pakai pada setiap part yang digunakannya, biasanya saat melakukan perawatan di bengkel resmi sudah terjadwal kapan waktunya mengganti spere part yang habis masa pakainya, termasuk pada bagian yang berhubungan dengan pendinginan mesin, jika semua itu di ikuti maka masalah mesin cepat panas ini tidak akan terjadi.

mesin mobil cepat panas

Baca juga merawat dan mengkilapkan cat mobil tanpa ke salon

Penyebab Mesin Cepat Panas

Jika masalah ini sudah terlanjur terjadi, maka tidak ada jalan lain lagi untuk tidak di perbaiki. Pasalnya meski mobil bisa di paksakan berjalan resiko kerusakan menjalar ke bagian lain akan sangat besar, paling parahnya bagian silinder head dalam mesin bisa bisa rusak akibat panas berlebihan, jika sudah begini biaya perbaikan bisa berkali-kali lipat besarnya nanti.

Sebetulnya setiap mobil di ciptakan untuk bisa menghadapi segala kondisi medan jalan termasuk kondisi yang berat yang membuat kerja mesin menjadi lebih cepat panas. Seperti kondisi macet parah di saat cuaca terik, mobil di gunakan dalam perjalanan jauh tanpa henti, atau pun melewati jalan menanjak tajam sembari macet-macetan. Medan tersebut seharusnya tidak menjadi masalah untuk sebuah mobil berkondisi sehat dan normal, namun jika kondisi mesin mobil sedang tidak optimal hal tersebut bisa menjadi pemicu mesin mobil cepat panas dan ahirnya mogok tidak bisa digunakan.

Diantara biang keladinya masalah mesin mobil cepat panas ini, paling sering di sebabkan oleh sebagai berikut :

  • Fan atau kipas radiator rusak. Part ini memiliki fungsi yang penting yaitu berguna untuk mendinginkan radiator disaat suhu temperatur mencapai titik panas tertentu, paling sering terjadi putaran kipas sudah tidak maksimal lagi atau paling parahnya tidak bisa berputar sama sekali.
  • Pompa air lemah atau bocor. Sirkulasi air (coolant) di dalam radiator yang di jalankan oleh sebuah pompa, saharusnya terus mengalir selama mobil dalam keadaan hidup, jika pompa air kondisinya lemah maka sirkulasi tersebut pastilah tidak maksimal. Atau bisa juga karet-karet serta saluran slang air bocor yang mengakibatkan berkurang volume air di dalamnya.
  • Kerusakan Di Radiator. Paling sering di temukan kisi-kisi pada radiator sudah berkondisi banyak yang tersumbat karena kotoran, yang mengakibatkan juga sirkulasi air menjadi terganggu. Pada beberapa kasus ada juga radiator ini mengalami retak atau pecah akibat sumbatan yang sudah parah.
  • Tutup Radiator Rusak. Sepertinya cukup sepele menjadi tutup radiator ini kebanyakan tidak diperhatikan, padahal part tersebut memiliki fungsi penting juga. Didalamnya terdapat per yang menahan tekanan air, jika sudah rusak, air akan terdorong keluar dan ahirnya berkurang.
  • Thermostat rusak. Suhu mesin yang terlalu dingin juga tidak baik untuk kinerja mobil nantinya, maka dari itu suhu optimal yang pas harus selalu terjaga. Tugas tersebut di lakukan oleh bagian part thermostat yang berada di saluran air dari radiator, saat mesin dingin part tersebut akan menutup jalur pendinginan hingga mencapai suhu optimal baru terbuka. Saat bagian ini rusak tentunya suhu mesin tidak akan terjaga.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil cepat panas, semoga bisa menjadi informasi tambahan yang bermanfaat untuk para pembaca semua.

Baca juga cara aman mengemudi mobil jarak jauh


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More