Merawat Dan Mengkilapkan Cat Mobil Tanpa Ke Salon

Menjaga mobil agar tampilannya selalu maksimal bisa dilakukan salah satunya dengan selalu merawat cat kendaraan agar selalu mengkilap, sehingga mobil kesayangan akan terlihat lebih fresh meski sudah berumur lama. Namun kebanyakan orang beranggapan untuk melakukannya hanya dapat di lakukan di salon kendaraan yang tentunya akan membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Sebetulnya jika kita rajin dan memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, kilauan cat mobil bisa terjaga hingga waktu lama seperti pada kondisi barunya. Tidak cukup hanya dengan mencuci seperti biasa saat mobil terlihat kotor, namun ada langkah-langkah lain yang perlu di lakukan agar cat mobil tidak cepat kusam.

Dengan melakukan perawatan cat mobil sendiri di rumah, kita bisa lumayan melakukan penghematan. Namun jika anda terlampau sibuk berkegiatan hingga jarang menemukan waktu luang dan tidak berkeberatan untuk mengeluarkan biaya perawatan, maka sah-sah saja untuk menyerahkannya ke salon kendaraan.

merawat dan mengkilapkan cat mobil

Adapun langkah perawatan cat mobil sendiri di rumah yang harus di lakukan agar terlihat selalu mengkilap, adalah sebagai berikut :

1. Cuci Segera Setelah Mobil Kehujanan

Air hujan yang dibiarkan menempel lama hingga kering di body mobil meski tidak ada kotoran menempel, bisa membuat cat menjadi lebih cepat terlihat kusam. Maka sebaiknya jika mobil habis menerjang hujan sesegera mungkin cuci dengan sabun khusus mobil dan keringkan, minimal jika waktu tidak tersedia banyak bisa di bilas saja menggunakan air yang bersih.

2. Cuci Mobil Dengan Cara Yang Benar

Dalam kegiatan mencuci mobil sering kali kita melakukan kesalahan yang malah menyebabkan cat menjadi berjamur, kusam bahkan tergores. Seperti misalnya saja mencuci dengan menggunakan sabun yang tidak di peruntukan khusus mobil, kandungan sabun cuci mobil memiliki kadar pH yang telah di sesuaikan, sehingga lebih aman di gunakan. Selain itu mencuci mobil di bawah terik sinar matahari juga bisa membuat cat menjadi berjamur, karena sabun yang di gunakan lebih dahulu mengering sebelum benar-benar terbilas bersih oleh air.

3. Waxing Dengan Berkala

Waxing atau mempoles body mobil dengan menggunakan wax bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan jangka waktu minimal kurang lebih 6 bulan sekali. Wax sendiri adalah salah satu bahan kimia yang mampu melapisi dan melindungi cat kendaraaan sehingga bisa tetap berkilau. Bisa kita dapatkan dengan mudah di swalayan ataupun toko aksesoris yang menjajakan berbagai merk wax yang bisa di pilih, dari buatan lokal hingga produk import terkenal.

Yang penting merk apapun yang dipilih, asalkan kita bisa melakukan kegiatan ini secara rutin, hasilnya bisa sama-sama maksimal, karena lama kelamaan wax yang sudah menempel di cat mobil akan luntur dengan sendirinya, maka dengan mengulangnya bisa melindungi kembali cat kendaraan.

Baca juga artikel perawatan mobil setelah terendam banjir