Menghemat BBM Dengan Cara Mengemudi Yang Benar

Harga BBM ( Bahan Bakar Minyak ) yang semakin tinggi, membuat kita harus pintar-pintar menggunakannya agar jangan sampai terbuang dengan percuma. Maka sebisa mungkin dalam berkendara baik itu mobil maupun motor kita menerapkan sistim mengemudi yang dapat menghemat bbm, karena sistem ini sangat berpengaruh besar kepada konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

tips cara menghemat bbm

Sebetulnya banyak faktor yang mempengaruhi agar dapat bisa lebih irit dalam pemakaian bbm dalam berkendara. diantaranya adalah faktor kendaraannya itu sendiri dan juga faktor cara mengemudi, keduanya jika dilakukan dengan benar maka kita bisa lebih mengurangi penggunaan bbm setiap harinya.

Untuk itu mari kita bahas tips cara mengemudi irit berikut ini  :

Faktor Kendaraan

  • Kondisi Kendaraan Yang Prima

Sering orang mengabaikan perawatan kendaraan seperti service rutin, tune up, ganti oli dan sebagainya, sebagian alasannya karena pengiritan biaya. Padahal dengan mengabaikan ritual tersebut akan membuat biaya yang akan di keluarkan kedepannya semakin besar.

Diantara sebabnya adalah kendaraan yang tidak dalam kondisi prima akan lebih mengkonsumsi bbm lebih boros, terutama karena sistim pengapian mobil yang jarang di cek akan berpengaruh besar pada faktor ini. Maka sebaiknya lakukan service rutin menurut rekomendasi pabrikan agar kondisi kendaraan selalu prima sehingga bisa kita bisa menghemat pemakaian bbm.

  • Spesifikasi Ban Yang Sesuai

Penggunaan ban juga berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar kendaraan anda, seringkali demi mengejar tampilan mobil agar lebih maksimal, melakukan penggantian ban dengan ukuran yang lebih besar. Itu sah-sah saja di lakukan asal mengerti dengan dampak yang akan di sebabkannya.

Selain memperpendek umur kompunen di kaki-kaki, juga akan mempengaruhi konsumsi penggunaan bahan bakar yang lebih boros, sebabnya mesin akan membutuhkan tenaga ekstra untuk memutarkan roda kendaraan. Paling baik untuk faktor keiritan bbm adalah ukun ban standart, namun jika mengharuskan untuk di ganti dengan diameter ban yang lebih besar maka sebaiknya kenaikannya jangan terlalu signifikan.

Dan bukan hanya itu saja, kita juga harus perhatikan tekanan angin di dalam ban tersebut. Jangan sampai kurang dan terlalu keras, sebaiknya tekanan angin di sesuaikan dengan petunjuk yang tertera di ban. Jika ini di perhatikan maka penggunaan bahan bakar bisa lebih irit dari sebelumnya.

  • Penambahan Aksesoris

Meski sedikit pengaruhnya terhadap cara penghematan bahan bakar, namun sebaiknya kita perhatikan juga. Penggunakan aksesoris kendaraan yang terlampau berat atau aksesoris yang menghalangi sistim areodinamika kendaraan akan membuat konsumsi bbm juga semakin besar.

Baca juga artike Tips Aman Berkendara Di Musim Hujan

Faktor Cara Mengemudi

  • Atur Akselerasi dan Deselerasi

Berikut nya tips agar lebih hemat dalam penggunaan bbm adalah mengatur injakan pedal gas agar jangan terlalu menghentak begitu juga dengan pengereman kendaraan. Selain akan mengurangi kenyamaan dalam kendaraan, melakukan akselerasi secara mendadak juga cukup besar pengaruhnya kepada konsumsi bahan bakar.

  • Jaga Putaran Mesin

Putaaran mesin saat pergantian perseneling atau istilahnya mengoper kendaraan menuju gigi yang lebih tinggi, idealnya untuk setiap mobil rata-rata di kisaran 2000 Rpm hingga 2500 Rpm. Hindari memaksa mesin meraung hingga Rpm yang terlampau tinggi juga sebaliknya hindari juga mengoper kendaraan di saat putaran mesin belum mencapai putaran idealnya.

  • Usahakan Kendaraan Berjalan Konstan

Dapat di terapkan jika kondisi jalan sedang lengang atau saat berkendara di jalan bebas hambatan, menjaga kecepatan mobil dengan konstan atau tetap dalam putaran musin yang rendah, membuat penggunaan bbm dapat di hemat secara signifikan.

  • Amati Kondisi Lalu Lintas

Usahakan dalam berkendara kita memiliki pengamatan terhadap kondisi jalan hingga jauh kedepan, misalnya saja saat kendaraan lain di depan mengurangi kecepatannya jika kita sudah dapat melihat dari jauh maka injakan pedal gas bisa di kurangi dari pada harus menginjak rem dengan kuat nantinya.

  • Hindari Jalanan Macet

Konsumsi bbm kendaraan di saat jalanan macet sangat lah besar, sebabnya kita akan sering menginjak gas dan rem secara terus menerus. Untuk itu untuk dapat lebih menghemat bbm sebisa mungkin hindari konsisi lalu lintas seperti ini.

  • Pemanasan Mobil Di Pagi hari

Untuk dapat bekerja secara optimal mesin mobil haruslah di panaskan terlebih dahulu terutama di saat sudah lama tidak dinyalakan atau biasanya saat menyalakan di pagi hari. Untuk itu memanaskan mobil sangat penting agar suhu mesin mencapai kondisi ideal. Namun terlalu lama memanaskan juga akan membuat bbm terbuang percuma, maka sebaiknya terapkan waktu yang sewajarnya berkisar antara 3 hingga 5 menit saja.