Mengenal Teknologi I-VTEC Dari Mobil Honda

Kebanyakan dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Vtec dan i-vtec yang di terapkan sebagian besar mobil keluaran honda. Sekitar tahun 90an honda sudah mengenalkan teknologi ini di Indonesia, diantaranya melalui sedan kelas medum seperti Civic Genio dan Accord Cielo.

teknologi i-vtec mobil honda

Salah satu cara yang di tempuh Honda sehingga sekarang sukses menjadi salah satu pabrikan besar yang di favoritkan masyarakat, sebagian sebabnya adalah dengan diterapkannya teknologi canggih ini pada mobil-mobil buatannya. Meski harga jual mobilnya terkadang lebih tinggi dari saingannya, tetap saja menjadi pilihan, sebab terdapat beberapa kelebihan yang di miliki kendaraannya.

Kini pabrikan asal jepang ini sudah memperbaharui teknologi tersebut hingga lebih canggih lagi, dengan menambahkan sebutan I-VTEC, yang berarti Intelligent Variable Valve Timing and lift Electronic Control. Bagi yang belum mengenal teknologi ini berikut penjelasannya.

Sistem Kerja I-VTEC

I-Vtec adalah sebuah teknologi yang di terapkan pada mesin yang sudah menganut sistim injeksi, yang fungsi utamanya adalah mengatur bukaan katup pada jeroan mesin agar bekerja sesuai dengan keperluannya, artinya di saat mobil memerlukan akselerasi cepat dengan putaran mesin (Rpm) sekitar 4000 hingga 5000 keatas, maka bukaan katup akan semakin besar demi menyediakan performa yang maksimal, sebaliknya di saat melaju pelan seperti di saat lalu lintas padat, bukaan katup pun akan membuka dengan seperlunya.

Itu semua menjadikan tenaga tidak terbuang percuma, karena semua sudah di atur secara computerized. Dan efek yang dihasilkan tentunya pemakaian bahan bakar yang semakin efisien tanpa mengorbankan performa, maka tidak heran mobil-mobil keluaran honda bisa bertenaga hebat dengan konsumsi bbm yang irit.

Kini I-Vtec telah di terapkan pada sebagian besar mobil honda yang beredar di Indonesia, mulai dari kelas city car andalannya yaitu Honda Jazz, hingga mobil kelas premium semacam Accord dan Odyssey. Meski kapasitas mesin rata-rata sebanding dengan rival pabrikan mobil lainnya, namun performa serta efesiensi honda bisa lebih unggul.

Teknologi Serupa Pabrikan Lainnya

Sistim canggih ini bukan hanya Honda saja yang menerapkannya, namun pabrikan lain juga memiliki teknologi yang serupa. Misalnya saja VVT-I pada Toyota, VVT untuk Suzuki, MIVEC yang di terapkan Mitsubishi, dan banyak lagi istilah yang di terapkan produsen mobil lainnya.

Akan tetapi meski secara garis besar teknologi-teknologi tersebut berfungsi sama, akan tetapi setiap sistem memiliki kelabihan dan kekurangan masing-masing, sesuai dengan racikan para insinyur pembuatnya, Sehingga karakter setiap kendaraan pun akan berbeda-beda.

Kini setiap pabrikan semakin gencar berlomba mengembangkan teknologi-teknologi baru ciptaannya, seiring dengan semakin tingginya persaingan di industri otomotif ini. Maka dapat dipastikan kedepannya akan selalu hadir sistim-sistim canggih lainnya seperti I-Vtec ini, tinggal kita tunggu saja inovasi-inovasi lainnya…

Baca juga artikel Harga Dan Spesifikasi Mobil Honda Brio Satya