Mengenal Jenis BBM Pertalite

PERTALITE, itulah nama bahan bakar terbaru yang dikeluarkan oleh PT Pertamina (Persero). Terhitung sejak bulan Mei 2015 PT. Pertamina telah resmi mengenalkan bahan bakar bensin jenis baru ini ke pasaran. Dan secara bertahap Pertalite akan mulai dipasok ke beberapa SPBU di kota-kota besar.

Harga yang di tawarkan untuk jenis BBM terbaru ini adalah 8.400 rupiah per liternya, itu berarti ada selisih harga yang lebih mahal dari bensin Premium sebesar 1000 rupiah per liternya. Namun harga segitu tentunya masih di bawah harga Pertamax dan Pertamax Plus. Dengan begitu berarti Pertalite ini berada di kisaran tengah-tengah dari harga bensin yang selama ini kita kenal.

Mungkin sebagian dari anda, khususnya pengguna kendaraan, bertanya-tanya apa sih sebenarnya keunggulan bahan bakar Pertalite sehingga memiliki harga jual di atas premium yang selama ini paling banyak masyarakat kita gunakan.

Baiklah, agar anda tidak penasaran langsung saja kita bahas mengenai bensin Pertalite berikut ini:

Pertalite memiliki oktan tinggi

Keistimewaan bahan bakar pertalite yang pertama ialah pertalite mempunyai kadar oktan 90 ini berarti lebih tinggi dibandingkan dengan Premium yang hanya memiliki oktan sebesar 88. Tapi kadar oktan pertalite masih lebih rendah dari pertamax dan pertamax plus yang masing-masing beroktan 92 dan 95. Dari sinilah paling terlihat sebabnya harga pertalite berada di kisaran tengah-tengah diantara harga bensin yang lebih dulu beredar.

Pertalite lebih bersih dan tanpa timbal

Keunggulan pertalite lainnya adalah lebih bersih dibandingkan premium. Dengan menggunakan pertalite maka kendaraan anda lebih terjaga kebersihan bagian dalam mesinnya, Bahan bakar pertalite ini memiliki kandungan sulfur yang sangat maksimal yaitu 0.05 % m/m atau kurang lebih setara dengan 500 ppm. Dan bagusnya lagi bahan pertalite ini tidak memiliki kandungan timbal.

Pertalite Lebih Ramah Lingkungan

Karena kandungan Ron bensin baru pertalite ini terbilang lebih baik dibanding premium. Artinya hasil pembakaran bahan bakar akan lebih ramah lingkungan. Sebab kendaraan pada umumnya memerlukan pembakaran di atas RON 90-92. Jadi tidak perlu hawatir terjadi pencemaran lingkungan berlebih karena Pertalite memiliki kandunga RON yang cukup tinggi.

Pertalite memiliki warna yang lebih jernih

Kedepannya nanti pertalite akan diproduksi dengan warna yang lebih jernih yaitu hijau atau kurang lebih mirip dengan pertamax. Warna ini menunjukkan tingkat kebersihan yang dikandung bahan bakar pertalite lebih baik

Dari keunggulan-keunggulan tersebut tentu sangat jelas kenapa bensin Pertalite lebih baik dibandingkan bensin premium. Kadar oktannya yang lebih tinggi dair Pertalite, membuatnya baik untuk digunakan pada kendaraan-kendaraan produksi terbaru yang rata-rata memerlukan oktan minimal 90 keatas. Efeknya selain sisa pembakaran yang lebih bersih, juga dapat memperpanjang usia mesin, karena telah sesuai dengan spesifikasi yang di buat pabrikan kendaraan.

Baca juga artikel pilihan mobil bekas paling irit bbm dan menghemat bbm dengan cara mengemudi yang benar