HOME

Home » Tips & Trik » Mendeteksi Beberapa Gejala Kampas Rem Habis

Mendeteksi Beberapa Gejala Kampas Rem Habis

Posted at Maret 3rd, 2016 | Categorised in Tips & Trik

Rem menjadi salah satu komponen yang penting pada kendaraan, fungsinya sangat menentukan keselamatan di jalan raya baik untuk kendaraan berupa motor ataupun mobil.

Pastinya semua dari kita ingin menggunakan sarana transportasi dengan aman dan nyaman setiap hari, maka cukupkan perhatian pada bagian ini dengan berkala, jangan ambil resiko saat terdapat beberapa gejala mencurigakan pada bagian rem dengan memaksakannya tetap berkendara.

Jangan lupakan juga perawatan berkala mutlak harus di lakukan pada bagian rem dan komponen didalamnya agar kinerjanya selalu maksimal setiap saat.

Terdapat dua jenis rem yang saat ini digunakan pada kendaraan, yaitu rem cakram atau Disk Brake dan rem tromol atau Drum Brake. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Secara singkat jika kita membahas karakter perbedaan dari masing-masing jenis rem, rem cakram memiliki kemampuan yang tahan terhadap panas yang di hasilkan dari gesekan kampas dengan piringan. Sedangkan rem tromol lebih di utamakan kekuatan daya menghentikan laju kendaraan dengan beban yang berat.

Lalu pada kedua jenis rem tersebut ada komponen yang bernama kampas sebagai bagian utama yang bekerja menghentikan laju kendaraan. Dan kampas tersebut pastilah memiliki batas masa pakai karena terus digunakan bergesekan saat kita menekan pedal. Lantas bagaimana cara kita memperkirakan komponen tersebut telah habis masa pakainya, berikut inilah beberapa gejala kampas rem telah habis.

  • Jarak Pengereman Semakin Panjang

Sebab kampas rem kondisinya yang kian menipis, maka otomatis kinerjanya pun akan turun drastis. Paling terasa adalah saat kita melakukan pengereman akan di butuhkan jarang yang lebih panjang untuk kendaraan benar-benar berhenti.

Dalam hal ini tentu akan sedikit sulit untuk bisa membedakannya, terkecuali jika dalam keseharian kita selalu menggunakan kendaraan yang sama sehingga akan terasa jika ada gejala yang berubah.

  • Timbul Suara Saat Pedal Rem Di Injak

Meski setiap suara yang timbul saat menginjak rem bukan selalu mengindikasikan bahwa kampas rem telah habis. Umumnya suara yang menandakan habisnya kampas rem ini terdengan seperti decitan yang keluar saat terjadi gesekan antar besi.

  • Terdapat Serbuk Halus Mengotori Velg

Khusus untuk rem cakram, biasanya terdapat ceceran serbuk halus yang menempel pada velg akibat dari sisa gesekan kampas dengan piringan cakram. Ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kampas kendaraan anda perlu dilakukan pergantian. Namun pada motor seringkali serbuk halus ini jarang terlihat karena terpaan angin.

Untuk rem dengan sisitim tromol memang sedikit sulit bagi kita untuk memperkirakan kondisi kampas didalamnya karena bentuknya yang tertutup, cara yang paling efektif tentunya dengan membongkar secara langsung agar terlihat kondisi kampas remnya.

Diluar cara mendeteksi gejala kampas rem di atas tentu saja cara yang paling bisa memastikan adalah dengan membawanya ke bengkel. Maka dari itu jadwalkan selalu perawatan berkala pada kendaaraan untuk memastikan kondisi rem dan bagian lainnya terjaga.

Baca juga rem abs pada motor bagaimana cara kerjanya


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More