HOME

Home » Aksesoris » Memilih Velg Racing Mobil Yang Sesuai Ukuran

Memilih Velg Racing Mobil Yang Sesuai Ukuran

Posted at September 30th, 2015 | Categorised in Aksesoris

Setiap orang tentu ingin mempunyai mobil yang terlihat mewah dan menarik, Salah satu faktor kemewahannya bisa dilihat dari segi velg racing mobil yang di gunakan. Sebenarnya, setiap mobil baru yang diproduksi sudah memberikan velg mobil yang sesuai dengan jenis mobilnya, namun tak jarang orang yang mempunyai mobil berpikir untuk mengganti velg mobil tersebut.

Mereka ingin mengubah velg standar mobil dengan velg racing yang lebih menambah nilai plus bagi mobil miliknya. Bagi kendaraan roda empat, velg racing adalah pilihan tepat yang membuat tampilan mobil terlebih lebih elegent dan lebih keren. Velg racing mobil memang banyak diminati para pemilik kendaraan, namun sering kali permasalahan muncul pada kisaran jenis dan ukuran velg mobil seperti apa yang sesuai dengan mobil miliknya.

Kepandaian memilih menjadi faktor penentu dalam pemilihan velg racing mobil. Bukan hanya permasalahan gaya dan sporty, namun jauh dari itu. Faktor kestabilan laju kendaraan dan keamanan dalam menggunakan kendaraaan menjadi faktor penting dalam memilih velg racing mobil. Jika salah pilih, berbagai hal buruk pun dapat menimpa mobil dan pemiliknya. Mobil dipakai tidak nyaman, tampilan luar tampak tidak elegant, kecelakaan berkendara pun menjadi ancaman.

memilih ukuran velg racing mobil

Tips memilih velg racing mobil menyangkut keselamatan berkendara dan tampilan luaran mobilnya. Berhubungan dengan desain, Anda harus pandai memilih desain velg yang tepat dan sesuai dengan mobil milik Anda. Contohnya, bagi yang mempunyai mobil kecil seperti jazz atau yaris cocok untuk menggunakan model velg jari-jari atau palang. Bagi yang mempunyai mobil medium atau lebih besar, seperti Honda Civic atau Toyota Altis, tepat dengan desain atau tipe velg monoblock. Velg monoblock mempunyai desain lebih rapat dibandingkan desain velg lainnya dan mempunyai sedikit celah lubang.

Bagi yang mempunyai mobil ukuran besar tipe velg palang juga pas untuk digunakan, namun dengan catatan model palang lebar dan jumlah palangnya pun banyak. Hal ini bertujuan untuk penyesuaian dengan mobil yang berukuran besar pula. Berbeda dengan mobil ukuran kecil, harus memilih palang yang tidak tebal dengan jumlah palang sedikit sebagai penyesuaian jenis mobil ukuran kecil dan memberikan tampilan ideal pada body mobil.

Namun begitu, dalam hal pemilihan model dari velg racing mobil ini tentunya bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing, tidak ada patokon khusus dalam memilihnya.

Baca juga antara ban tubeless atau ban biasa

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa ukuran velg racing mobil menjadi faktor penentu keamanan dan kenyamanan mobil dalam menggunakannya. Agar tidak salah pilih, berikut akan dijelaskan tips memilih ukuran velg racing mobil yang sesuai.

  • Perhatikan ukuran velg racing mobil.

Dalam hal ini, ukuran velg jangan terlalu besar dari standard aslinya. Jangan juga menggunakan velg yang terlalu lebar karena dapat mengganggu ruang spakbor. Lebih baik untuk ukuran mobil kecil, lebarnya adalah maksimum 7 inci, ukuran mobil medium maksimum  8 inci dan untuk ukurn mobil besar adalah 10 inci.

  • ¬†Cermati ukuran diameter velg racing mobil

Sebenarnya mobil dengan velg racing yang lebar akan membuat tampilan lebih sporty namun tetap harus diperhatikan kesesuaian dan keamanannya. Seperti untuk mobil jenis sedang sebaiknya tidak menggunakan diameter lebih dari 18 inci, lain halnya dengan mobil yang ukurannya lebih besar lagi.

  • Perhatikan ukuran offset

Ukuran offset velg merupakan ketebalan lubang tengah velg. Offset berpengaruh terhadap letak baut velg. Ketebalan velg harus sama dan sesuai dengan standar pabrikan.

  • Perhitungkan mengenai jumlah baut dan ukurannya.

Dalam hal ini, jumlah baut dan ukurannya harus sesuai dengan velg mobil standard. Meski ada sebagian dari pengguna yang memaksakan dengan menambahkan atau mengurangi jumlah baut yang ada, namun harus di perhatikan bahwa hal tersebut tentunya cukup beresiko bagi keselamatan

Bagaimana dengan penjelasan di atas? menarik bukan? Ayo jadilah pemilik mobil yang pandai dan kreatif. Jadikan mobil Anda nyaman dan aman digunakan. Pilih velg racing mobil yang tepat, yang menjamin keselamatan dan tentunya yang dapat membuat tampilan desain exterior mobil Anda sporty, elegant serta menawan.

Baca juga membaca kode angka ukuran ban pada mobil dan motor

 


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Keren, Helm Ini Bisa Panggil Ambulans Jika Terjadi Kecelakaan

Posted at Juni 28, 2016

Bagi para bikers atau pengendara motor sebuah helm merupakan barang yang sangat berguna, Karena helm mampu menjaga keamanan si pengendara dari insiden yang membahayakan... Read More

Ban Bekas, Apakah Aman Di Gunakan ?

Posted at April 10, 2016

Bagian kendaraan yang memiliki fungsi fital untuk keamanan salah satunya adalah ban. Pastinya anda pun sering kali mendengar berbagai kejadian kecelakaan di jalan raya... Read More

memilih helm motor

Tips Memilih Helm Motor yang Aman

Posted at Oktober 1, 2015

Helm motor merupakan salah satu perlengkapan motor terpenting yang wajib dipakai. Ada banyak alasan kenapa harus memakai helm, di antaranya untuk keselamatan pengendara motor.... Read More

harga kaca film mobil

Pasaran Harga Kaca Film Mobil Dan Spesifikasinya

Posted at September 16, 2015

Kaca film keberadaannya cukup penting dalam sebuah mobil, terutama untuk kenyamanan pengendara dan penumpang di dalamnya. Salah satunya adalah untuk mengurangi panas dari terik... Read More

perawatan ban mobil agar awet

Ingin Ban Mobil Lebih Awet, Lakukan Perawatan Ini

Posted at Maret 23, 2015

Fungsi komponen yang penting pada mobil anda salah satunya adalah ban, terlebih pada aspek keselamatan berkendara. Banyak pengendara yang tidak memperdulikannya sama sekali, bahkan... Read More