HOME

Home » Mobil » Toyota » Kupas Tuntas Toyota Kijang Kapsul Bekas

Kupas Tuntas Toyota Kijang Kapsul Bekas

Posted at Februari 16th, 2016 | Categorised in Mobil, Toyota

Kijang Kapsul – Menjadi salah satu mobil yang kehadirannya cukup menggemparkan karena minat masyarakat kala itu cukup besar untuk memilikinya. Sampai-sampai kehadirannya di jalanan menjadi sangat familiar karena saking banyaknya di temukan, Peminatnya mulai dari anak muda hingga kepala rumah tangga dari berbagai kalangan yang di peruntukan untuk berbagai kegiatan.

Ya.. itulah sedikit gambaran tentang kesuksesan Toyota Kijang di Indonesia, tidak hanya pada generasi yang akan kita bahas pada artikel kali ini, namun kesuksesannya bahkan sudah di mulai pada awal di perkenalkannya sekitar tahun 70 an, hingga saat ini nama Kijang masih tetap kuat melekat sebagai mobil yang di banggakan.

Salah satu generasi kijang yang menarik untuk di bahas salah satunya adalah generasi yang di perkenalkan tahun 1997. Bentuknya mengalami perubahan drastis dari sebelumnya yang berkesan kotak berubah total menjadi lebih modern dengan desain lebih banyak lekukan. Hingga Masyarakat kala itu memberikannya sebutan Kijang Kapsul karena dari bentuknya yang berkesan bulat.

Karena menarik, akan kami kupas dengan tuntas mengenai toyota kijang kapsul bekas sebagai tambahan informasi dan panduan jika kedepan anda berminat meminang mobil ini.

Mengenal Varian Type Kijang Kapsul

kijang kapsul bekas

sumber gambar : wikipedia.org

Mesin berkapasitas mulai 1800cc sampai 2400cc. Terdapat 4 jenis mesin yang digunakan, yakni mesin bensin 1800 cc dengan sistem karburator dan sistem injeksi EFI. Mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar injeksi, dan yang terakhir yaitu Kijang Kapsul diesel 2400 cc. Kijang Kapsul juga mengalami transformasi pada tampilan bodynya hingga 3 kali perubahan. Generasi pertama (1997–2000), kedua (2000–2003), dan terahir (2003–2005).

Mobil yang mampu mengangkut penumpang hingga 8 orang ini memiliki 7 jenis tipe yang bisa di pilih, SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan kijang kapsul type KRISTA. Untuk jenis standart dengan harga yang paling terjangkau, ada pada tipe SX dan LX, disusul dengan kelas menengah yaitu SSX dan LSX, Setelah itu type atas ada SGX dan LGX, dan paling tinggi alias paling mahal yaitu kijang KRISTA.

Kijang Kapsul juga memiliki tipe Long atau panjang dan Short atau pendek. Perbedaan tipe ini dapat dibedakan dengan melihat huruf pertama pada tipenya, S untuk Short dan L untuk Long. Perbedaannya ialah, untuk jenis pendek kursi paling belakang saling berhadapan atau menghadap ke samping, Sedangkan pada jenis panjang, kursi belakangnya menghadap ke depan.

Selanjutnya untuk bagian fitur serta kelengkapan dan aksesoris tiap tipenya adalah sebagai berikut :

  • SX dan LX. Tanpa pendingin ruangan atau AC dan power steering, power window, dan asesoris yang lain atau bisa di katakan produk paling standart.
  • SSX dan LSX. Ruang bagian dalamnya atau interior lebih terlihat mewah, sudah menggunakan AC dan juga tatanan sistem audio yang cukup bagus.
  • SGX dan LGX.  Memakai AC Double Blower sehingga penumpang belakang lebih terjangkau udara dingin Aksesoris lainnya seperti power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler dan juga bumper depan.
  • KRISTA. Jenis paling atas dan lengkap aksesori serta fiturnya. Ditambah dengan body bagian luar terlihat lebih sporty dengan warna jenis Two Tone.

Spesifikasi Kijang Kapsul

Salah satu yang menjadi daya tarik hingga disukai masyarakat dari Kijang Kapsul ini adalah dari segi kemampuan daya angkut penumpang yang hingga mampu menampung 7 sampai 8 orang dewasa sehingga bisa mengangkut seluruh anggota keluarga. Selain itu dengan tersedia kabin yang lapang menjadikannya lebih fungsional untuk berbagai keperluan.

Pada bagian mesin Toyota pun tidak sembarangan membuat spesifikasi untuk menyertainya, sebagai kendaraan angkutan tentunya harus memiliki performa yang tinggi, dan itu semua di miliki mobil ini. Untuk varian Kijang kapsul dengan mesin terkecilnya saja yang berkapasitas 1800 cc bensin memiliki tenaga 94 Hp pada 5.000 Rpm, itu untuk yang masih menggunakan sistim pasokan bahan bakar karburator.

Sedangkan pada varian 1800 cc bensin yang berteknologi injeksi, Kijang kapsul mampu memberikan keluaran tenaga hingga 105 Hp pada 4.800 Rpm, sedangkan torsinya mencapai 161 Nm pada putaran 2.800 Rpm. Untuk varian 2000 cc nya tentu saja performa yang disuguhkan lebih maksimal.

Yang menarik pada bagian mesin adalah tersedianya varian diesel yang kala itu bisa di katakan belum begitu familiar di masyarakat. Bahkan bisa di katakan dengan di perkenalkannya Kijang Kapsul Diesel ini ke pasaran menjadi salah satu yang mempopulerkan mesin jenis ini di tanah air.

Baca juga artikel pilihan mobil keluarga terbaik di indonesia

Panduan Memilih Kijang Kapsul Bekas

Meski di kenal cukup bandel dan mudah dalam perawatannya, saat kita akan memilih kijang kapsul bekas tetap harus teliti memperhatikan setiap bagian. Wajar saja karena mobil ini umurnya sudah cukup lama rata-rata berkisar diatas 10 tahunan. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli sebaiknya persiapkan budget tambahan sebagai cadangan untuk perbaikan dan pergantian jika ada beberapa part yang rusak karena masa pakai.

Beberapa diantaranya yang sering di keluhkan pada bagian part mesin adalah bagian ring seher yang sudah aus. Gejala yang bisa di rasakan umumnya performa akan sangat menurun, dan ciri lain yang bisa di lihat jika bagian ini sudah memasuki masa pergantian adalah terlihat asap putih yang keluar dari knalpot. Untuk perbaikannya secara total kita harus melakukan turun mesin untuk mengganti ring seher serta meremajakan kembali bagian lainnya, perbaikan ini masuk kedalam kategori servis besar karena akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya, dan tentunya biaya pun harus kita keluarkan cukup besar.

Kendala lainnya ada pada bagian suspensi yang sering kali dikeluhan terasa limbung akibat dari terlalu lembutnya bagian suspensi, solusinya bisa kita lakukan pergantian dengan tipe suspensi lebih keras, lalu di ikuti dengan pemeriksaan menyeluruh pada begian kaki-kaki lain karena pada bagian ini paling sering mengalami kendala akibat faktor umur yang cukup tua.

Namun begitu sebaiknya kita tidak perlu terlalu khawatir akan beberapa kendala yang sudah di sebutkan tadi. Pasalnya Kijang kapsul ini memiliki kelebihan mudah dalam perawatannya sehingga cukup banyak bengkel yang bisa menangani, tinggal kita pilih mana yang menawarkan biaya yang tidak terlalu mahal. Selain itu juga ketersediaan spere partnya cukup terjamin dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai mobil Kijang Kapsul bekas, semoga saja bisa memberikan manfaat kepada siapapun yang membutuhkan.

Baca juga artikel mobil bekas murah berharga dibawah 30 juta


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Posted at Agustus 11, 2017

Hadir disegmen low MPV, Mobil Wuling Confero pun akhirnya dipasarkan di Tanah Air. Bahkan mobil garapan PT SGMW Motor Indonesia ini sedang mengembangkan serta memproduksi... Read More

Harga Toyota Sienta 2017 Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Harga Toyota Sienta 2017 Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Posted at Agustus 10, 2017

Toyota tampaknya tak pernah bosan untuk terus menghadirkan mobil berkualitas dengan harga yang murah. Tak hanya murah, mereka juga mengeluarkan mobil dengan teknologi terbaru... Read More