Keren, Helm Ini Bisa Panggil Ambulans Jika Terjadi Kecelakaan

Bagi para bikers atau pengendara motor sebuah helm merupakan barang yang sangat berguna, Karena helm mampu menjaga keamanan si pengendara dari insiden yang membahayakan nyawa mereka. Kini pabrikan helm asal Thailand, sedang berinovasi untuk menciptakan sebuah helm yang mampu untuk memanggil ambulans secara otomatis, jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pada penggunanya.

Helm canggih ini dibuat bersama oleh ThaiHealth’s Road Safety Project diberi nama “Helpmet”.

Keren, Helm Ini Bisa Panggil Ambulans

Dilansir dari Visordown, jika helm dengan model full face ini bisa mendeteksi setiap momen kecelakaan melalui aplikasi bernama shock sensor. Sensor ini baru akan aktif jika terjadi adanya benturan pada kepala melebihi beban 95 gr. Sebagai pembanding, helm SNI yang benar bisa menahan berat benturan hingga mencapai 300 gr.

Ketika sensor aktif, maka helm akan mengirim sebuah SMS darurat ke Pusat Darurat Nasional. Data yang dikirim sudah termasuk dengan kontak darurat serta lokasi si pengendara mengalami insiden tersebut. Bagaimana hal ini bisa dilakukan? Sedikit penjelasan, helm ini sudah ditanami dengan perangkat ponsel pintar, yang lengkap dengan sebuah SIM card, yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat aktif pada waktu kejadian.

Helm ini sangat membantu dan berguna ketika terjadi insiden yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan, terutama jika terjadi di tempat-tempat yang sepi dan jarang dilewati oleh orang. Dalam beberapa kasus yang terjadi, banyak dari para bikers yang tidak tertolong nyawanya karena ketika kejadian berlangsung tidak ada orang yang menyadari akan keberadaannya.

Untuk dapat menggunakan fungsi panggilan otomatis dengan helm ini, terlebih dulu si pemilik harus mendaftarkan diri pada web resmi helm ini. Anda harus mengisi sejumlah data pribadi, mulai dari nomor darurat yang bisa dihubungi, nama lengkap, dan juga alamat tetap.

Sejauh ini Helpmet masih dalam tahap uji pengembangan. Belum disebutkan berapa total biaya yang dibutuhkan untuk bisa memboyong satu unit helm pintar ini. Karena dari pihak pengembang masih merahasiakan kabar tersebut, kita tunggu saja kabar baik dari mereka.

Baca juga artikel tips memilih helm motor yang aman