Kenali Bahaya Faktor Kelelahan Saat Mengemudi

Kecelakaan seringkali terjadi dikarenakan kelelahan, pengendara baik mobil maupun motor yang sedang kelelahan ternyata memiliki resiko kecelakaan lebih besar hingga 20 kali lipat dari orang yang berkendara dalam keadaan segar bugar. Biasanya pengendara seringkali mengalami kelelahan ketika berkendara pada malam hari. Kurang lebihnya mulai tengah malam hingga pukul 6 pagi. Untuk itu sebaiknya anda selalu waspada berkendara pada jam-jam tersebut.

Kondisi kelelahan atau biasa disebut dengan Fatigue mampu menjadi penyebab kecelakaan dikarenakan pengemudi hilang kewaspadaan. Seringkali orang yang mengantuk saat berkendara tertidur secara tiba-tiba tanpa disadari pada saat mengemudi. Nah, pada saat itulah seringkali terjadi kecelakaan karena hilangnya kesadaran pengemudi.

faktor kelelahan dalam mengemudi

Kondisi yang letih dan lelah sebenarnya disebabkan oleh 3 hal besar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Faktor Tidur

Orang yang berkendara seharusnya sehat secara jasmani maupun rohani. Dalam aspek jasmani pengendara sebaiknya tidak memiliki gangguan kurang tidur. Atau pengendara sebaiknya juga memiliki waktu tidur yang cukup bahkan seharusnya lebih panjang dari 17 jam. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh seorang pengemudi. Sebab pengemudi tidak hanya bertugas menyetir semata. Lebih dari itu pengemudi harus mengambil langkah-langkah yang tepat pada saat berkendara. Untuk itu jangan meremehkan waktu tidur anda jika ingin selamat di jalanan.

Faktor Pekerjaan

Faktor kelelahan yang kedua adalah bekerja dalam waktu yang lama. Lama waktu kerja juga mampu menjadi pemicu resiko kecelakaan. Semakin lama waktu kerja dan semakin sedikit waktu istirahat maka tenaga tubuh anda akan terforsir untuk bekerja secara maksimal. Hal ini menyebabkan resiko hilangnya tingkat konsentrasi anda.

Secara sederhana banyaknya pekerjaan menuntut anda bekerja keras dan berpikir secara lebih keras. Padahal, anda harus mengemudi setelah bekerja. Kondisi yang tidak seimbang inilah yang sebaiknya anda perhatikan dan tidak memaksakan diri untuk berkendara pada saat kelelahan. Sebab hal itu akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Untuk itu sebaiknya anda melakukan istirahat sebentar setelah bekerja dengan keras agar tubuh anda kembali bugar.

Baca juga tips aman berkendara di musim hujan

Faktor Kesehatan

Faktor penyebab kelelahan yang ketiga adalah faktor kesehatan. Apabila anda kurang sehat dan sedang menjalani pengobatan dari tenaga medis maka sebaiknya anda tidak mengemudi terlebih dahulu. Badan yang belum sembuh total akan mengakibatkan cepatnya tingkat kesehatan sehingga kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi anda jika memutuskan untuk mengemudi kendaraan.

Sebagai akibat dari ketiga faktor di atas paling tidak seorang pengendara akan sering kehilangan kewaspadaan, mudah merasakan kelelahan mendadak, hilangnya konsentrasi saat berkendara, tertidur secara mendadak, dan kondisi berbahaya lainnya. Semua keadaan ini akan berakibat pada kecelakaan yang membahayakan diri anda. Untuk itu sebelum berkendara pastikan bahwa tubuh anda dalam kondisi fit dan tidak kekurangan waktu istirahat.

Baca juga tips aman berkendara di jalan tol