Ini Dia Motor Matic Pertama Di Indonesia

Banyak orang yang mengira, jika sepeda motor Yamaha Nouvo yang diperkenalkan di Asia Tenggara pada tahun 2002 merupakan pelopor pertama dari sepeda motor matik di Indonesia. Eeiitttss, anggapan tersebut salah kaprah dan nyatanya tidak demikian. Pelopor dari seluruh motor matic yang pernah ada di Indonesia yaitu motor Vespa PK 125.

Ini Dia Motor Matic Pertama Di Indonesia

Vespa ini lebih dikenal dengan nama Corsa dan diperkenalkan pada tahun 1984 di Negara asalnya yaitu Italia. Di Indonesia sendiri, motor ini diperkenalkan pada tahun 1991 melalui sebuah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATMP) yaitu PT Dan Motor Vespa Indonesia, yang mendapat kepercayaan dan lisensi penuh dari Piaggio Italia.

Terdapat sebuah laman bernama id-vespa, di dalamnya menyebutkan jika ciri khas motor ini merupakan tidak adanya pedal rem belakang, pada umumnya ada di dek kanan bagian bawah. Pedal ini dipindah ke bagian atas pada stang kiri, menggantikan tuas kopling yang sebagaimana terdapat pada vespa biasa atau manual.

Dulu, Vespa ini sangat sangat digandrungi dan booming di kalangan rider perempuan karena transmisi otomatisnya ini, mirip dengan tren motor matik modern yang muncul pada awal abad 20. Apalagi, dengan dimensinya yang kecil karena menggunakan platform small frame seperti yang terdapat di Vespa PTS 90 dan 100.

Bagian depan dari Corsa dilengkapi dengan lampu utama yang berbentuk bulat, serta sein pada sayapnya. Jok pengemudi dibuat menyatu, sementara untuk box tempat ban cadangan tidak dibuat menggelembung. Pijakan kaki pengendara juga bisa lebih leluasa untuk bergerak karena ruang bagasi depan yang ramping.

Vespa yang satu ini memiliki mesin 2 tak berkapasitas 121 cc yang memiliki output maksimal hampir 7 Tk dan pada putaran mesin 5.600 rpm. Mesin ini dapat membuat motor melaju hingga kecepatan 90 km/jam. Sudah menggunakan dua starter diaplikasikan untuk memasangkan mesin, yaitu elektrik dan kick starter.

Baca juga

Motor ini dihentikan produksinya pada tahun 2006 karena kalah bersaing dengan merek lain. Meski begitu, saat ini motor tersebut telah menjadi barang langka yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kini motor tersebut masih ada di tangan beberapa orang, bagi seorang kolektor Vespa tersebut sangat berharga. Pada salah satu laman dari jual beli online, tertulis jika Vespa PK 125 bekas masih dibanderol dengan harga Rp 6,5 juta.