HOME

Home » Aksesoris » Ingin Ban Mobil Lebih Awet, Lakukan Perawatan Ini

Ingin Ban Mobil Lebih Awet, Lakukan Perawatan Ini

Posted at Maret 23rd, 2015 | Categorised in Aksesoris

Fungsi komponen yang penting pada mobil anda salah satunya adalah ban, terlebih pada aspek keselamatan berkendara. Banyak pengendara yang tidak memperdulikannya sama sekali, bahkan tekanan angin pun jarang di periksa, ini tentu saja akan membahayakan.

Selain itu, Ban juga merupakan bagian kendaraan yang ada masa batas pakainya, meski jangka waktunya relatif lama namun jika kita menggunakan secara seenaknya dan tanpa memperdulikan perawatannya maka bukan tidak mungkin hanya akan bertahan beberapa waktu saja.

perawatan ban mobil agar awet

Selain perawatan pada ban mobil harus di lakukan, cara berkendara juga memegang peranan penting untuk menjaga keawetan. Seperti yang kita ketahui kebanyakan jalan di Indonesia ini masih di dominasi oleh kualitas yang kurang baik, seperti lubang yang bertebaran di mana-mana, jika tidak hati-hati ban bisa rusak seketika setelah mobil melewati jalan yang rusak.

Cara perawatan seperti apakah yang sabaiknya di lakukan untuk menjaga ban mobil anda tetap pada kondisi maksimal serta awet di gunakan dalam jangka waktu yang lama, berikut ini ulasannya :

  • Sesuaikan Ukuran Ban

Pastikan ukuran ban mobil yang di gunakan sesuai dengan ukuran velgnya, tentunya ukuran standart pabrikan menjadi patokan yang paling baik. Akan tetapi jika tetap ingin lakukan pergantian sebaiknya ikuti petunjuk dari bengkel resmi.

Selain itu menyesuaikan ukuran ban mobil dengan keperluan penggunaannya juga penting di lakukan, misalnya saja jika jalan yang sering di lewati berkualitas buruk seperti berbatu, banyak lubang dan sebagainya, memilih ban yang berprofil tebal layak di jadikan pilihan, sebab selain kenyamanan lebih terjaga, ban juga akan tidak mudah benjol saat menghantam lubang dengan keras.

  • Perhatikan Tekanan Angin Ban

Ini sering di abaikan oleh kebanyakan pengendara, jika bannya tidak terlihat kempes maka hampir tidak pernah perduli dengan tekanan angin di dalamnya. Padahal hal ini perlu di lakukan secara berkala agar tekanannya terjaga sesuai rekomendasi ukuran ban yang di pakai, meski ban tidak terlihat kurang angin.

Sebabnya tekanan angin terlalu keras atau bahkan kurang akan mempengaruhi masa pakai ban tersebut, misalnya saja saat angin kurang tekananya dan di paksakan berjalan akan membuat dinding ban retak-retak, atau pada saat tekanan terlalu keras salah satu akibatnya adalah ban mudah benjol.

  • Balancing Dan Spooring

Sebaiknya lakukan balancing dan spooring secara berkala pada ban mobil yang sering di gunakan setiap hari, bisa lakukan secara rutin setiap kendaraan sudah menempuh jarak 5000 atau 10.000 Kilometer. Sebabnya mobil yang di gunakan secara terus menerus akan ada perubahan kemiringan pada setiap rodanya yang juga mempengaruhi pengendalian. Maka dengan Melakukan balancing dan spooring stelan akan di kembalikan seperti sediakala kembali.

  • Rotasi Posisi Ban

Merotasi atau merubah posisi ban secara bergantian misalnya ban belakang di tukar dengan ban di depan, juga dapat memerpanjang masa pakai. Sebab bobot yang di tahan setiap ban tidak akan selalu sama tergantung banyak penumpang didalamnya, dengan melakukan rotasi ban misalnnya setiap 10 ribu kilometer sekali, akan bisa membuat kembangan ban habis secara merata, tidak habis di salah satu sisinya saja.

  • Cara Berkendara

Seperti sudah di singgung di atas cara mengemudi berpengaruh besar pada ke awetan ban mobil yang di pakai, sebaiknya jika memungkinkan hindari melewati jalan yang berlubang yang dalam dengan kecepatan yang tinggi, atau jika hal itu sulit di lakukan mengurangi kecepatan saat menerjang lubang akan sangat membantu mengurangi efek kerusakan.

Baca juga artikel Antara Ban Tubeless Atau Ban Biasa


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Keren, Helm Ini Bisa Panggil Ambulans Jika Terjadi Kecelakaan

Posted at Juni 28, 2016

Bagi para bikers atau pengendara motor sebuah helm merupakan barang yang sangat berguna, Karena helm mampu menjaga keamanan si pengendara dari insiden yang membahayakan... Read More

Ban Bekas, Apakah Aman Di Gunakan ?

Posted at April 10, 2016

Bagian kendaraan yang memiliki fungsi fital untuk keamanan salah satunya adalah ban. Pastinya anda pun sering kali mendengar berbagai kejadian kecelakaan di jalan raya... Read More

memilih helm motor

Tips Memilih Helm Motor yang Aman

Posted at Oktober 1, 2015

Helm motor merupakan salah satu perlengkapan motor terpenting yang wajib dipakai. Ada banyak alasan kenapa harus memakai helm, di antaranya untuk keselamatan pengendara motor.... Read More

memilih ukuran velg racing mobil

Memilih Velg Racing Mobil Yang Sesuai Ukuran

Posted at September 30, 2015

Setiap orang tentu ingin mempunyai mobil yang terlihat mewah dan menarik, Salah satu faktor kemewahannya bisa dilihat dari segi velg racing mobil yang di... Read More

harga kaca film mobil

Pasaran Harga Kaca Film Mobil Dan Spesifikasinya

Posted at September 16, 2015

Kaca film keberadaannya cukup penting dalam sebuah mobil, terutama untuk kenyamanan pengendara dan penumpang di dalamnya. Salah satunya adalah untuk mengurangi panas dari terik... Read More