Idling Stop System (ISS), Teknologi Terbaru Motor Honda

Fitur-fitur yang di terapkan pada sebuah motor menjadi salah satu magnet penarik perhatian calon konsumen dalam menentukan motor yang akan di belinya. Semakin lengkap fitur yang ada maka akan semakin besar peluangnya motor tersebut untuk laris di pasaran. Terlebih persaingan antar pabrikan yang sekarang ini menjadi semakin ketat, tanpa adanya inovasi pada setiap motor yang di luncurkan akan sulit bagi merk tersebut untuk bisa bersaing di pasaran.

Sebagai pabrikan yang sudah di kenal, Honda tentunya sangat memperhatikan persaingan dengan para kompetitornya. Salah satu strategi untuk mendapatkan perhatian konsumennya adalah dengan selalu menerapkan inovasi pada fitur-fitur baru berteknologi canggih terkini pada setiap motor keluaran terbarunya. Salah satu teknologi terbaru yang di terapkan pada motor honda sekarang ini adalah adanya fitur ISS atau idling Stop System. Teknologi canggih tersebut dapat kita temui pada motor Honda Vario terbaru, Honda PCX dan Honda Beat.

Idle stop sistem ISS motor Honda

Bagi pembaca yang masih belum mengenal secara detail mengenai teknologi Iss ini berikut ulasannya :

Cara Kerja ISS (Idling Stop System)

Fungsi utama dari dibuatnya fitur ISS ini adalah untuk menghemat penggunaan bahan bakar juga mengurangi emisi gas buang sehingga kinerja motor menjadi lebih maksimal dan tidak kalah pentingnya juga menjadikan motor lebih ramah lingkungan. Seperti yang kita ketahui salah satu yang menjadi poin penilaian pembeli dalam memilih motor saat ini salah satunya pada keiritan penggunaan bahan bakar, ditengah harga bahan bakar yang sekarang ini terus meningkat semakin mahal.

Sesuai dengan namanya Idling Stop yang berarti memberhentikan mesin motor saat dalam keadaan idle, artinya mesin motor secara otomatis akan mati sejenak jika terdeteksi berhenti dalam kurun waktu tertentu, pada motor Honda fitur ISS ini akan bekerja pada saat motor berhenti minimal 3 detik. Selanjutnya untuk bisa berjalan kembali, pengguna hanya tinggal membuka handle gas tanpa perlu menyalakan motor dengan starter lagi.

Kondisi seperti ini sering dialami pada saat kita berhenti di lampu merah, atau kondisi jalanan macet. Jika pada motor yang tidak memiliki fitur ISS mesin akan terus menyala meski motor tidak berjalan dalam jangka waktu berapapun, kondisi tersebutlah yang membuat bahan bakar menjadi terbuang dengan percuma.

Dengan diterapkannya teknologi idling Stop System pada motor Honda ini, pabrikan mengklaim motornya akan menjadi jauh lebih efisien dalam penggunaan bensin. Berdasarkan pengujian dari pihak pabrikan, tercatat 37% lebih hemat bahan bakar untuk motor vario berteknologi ISS dibandingkan dengan Vario standart.

Cara Mengaktifkan ISS

Meski sudah merupakan fitur bawaan dari motornya, ISS ini bisa diaktifkan atau tidak sesuai keinginan penggunanya. Terdapat sebuah saklar pada kemudi untuk mengaktifkannya bertuliskan “Idling” dan “Idling Stop”, Tinggal pilih posisi pada tulisan “Idling Stop” untuk menjalankan fitur ini, selanjutnya akan ada sinyal pada spidometer yang menerangkan bahwa fitur ini sedang bekerja.

Selain dari pengaktifan melalui saklar, teknologi Idle Stop Sistem ini juga memiliki beberapa syarat agar fiturnya bisa bekerja. Diantaranya menyalakan motor dengan menggunakan elektrik starter, kecepatan motor telah melebihi 10km/jam, putaran mesin standart, temperatur mesin berada di atas 60 Derajat Celcius, dan kondisi handle gas sedang tidak di buka.

Itulah ulasan singkat mengenai teknologi Idle Stop System yang di perkenalkan pabrikan motor Honda sekarang ini, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

Baca juga artikel rem abs pada motor bagaimana cara kerjanya