Daihatsu Feroza, SUV Tangguh Tahun 90an

Daihatsu Feroza – Tampilan mobil tangguh dengan ground clarance tinggi atau yang lazim di sebut dengan jenis mobil SUV semakin populer di pilih masyarakat di Indonesia kini. Mungkin sebagian sebabnya karena mobil jenis ini lebih nyaman di kendarai di berbagai kondisi jalan. Sedangkan untuk sekarang ini kebanyakan jalan yang ada di berbagai wilayah negara kita masih belum semuanya mulus, masih banyak di temui jalanan berlubang atau bahkan di beberapa daerah malah masih belum di lapisi aspal. Untuk melewati jalan yang kondisinya tidak menentu tersebut, memang menjadi pilihan tepat jika kita menggunakan mobil tinggi semacam SUV ini.

Sebetulnya semenjak tahun 90an pun sudah cukup banyak pabrikan mobil yang meluncurkan jenis mobil berkemampuan melewati segala medam semacam SUV seperti sekarang ini. Salah satunya yang pada waktu itu cukup banyak di pilih adalah Daihatsu Feroza. Namun feroza ini lebih tepatnya berada di kategori mobil berjenis Jip yang lebih di peruntukan menaklukan medan jalan yang lebih berat semacam off road, tampilannya pun lebih berkesan macho dan tangguh tanpa di sertakan sentuhan “feminim” sedikitpun.

Baca juga deretan mobil suv terbaik

Desain Simple Dan Sederhana

Desainnya yang tinggi, kotak dengan minim lekukan, menegaskan Daihatsu Feroza ini di ciptakan untuk pengguna pria tangguh yang berjiwa petualang. Gaya seperti ini memang pada masa tersebut sedang cukup di gandrungi, sehingga Feroza pun cukup mendapatkan perhatian saat di luncurkan kepasaran. Begitupun dengan tampilan interornya, mobil dengan kapasitas angkut penumpang hingga 5 orang ini juga di buat simple dan terkesan sederhana, terlebih memang pada jamannya tersebut belum terlalu banyak fitur-fitur canggih yang di benamkan pada mobil.

Daihatsu Feroza

Meski sederhana, ruang interior Daihatsu Feroza ini memberikan nilai lebih pada kelegaan ruang kabin. Bodynya yang cukup lebar dengan atap yang tinggi membuat ruangan terasa cukup lega meski di isi dalam keadaan penuh penumpang. Posisi mengemudi dirasa cukup tegak khas mobil petualang dengan daya pandang keluar kendaraan cukup jelas karena posisinya yang tinggi dari permukaan jalan.

Performa Tangguh Memupuni

Untuk mendukung performanya, Daihatsu Feroza di lengkapi dengan mesin berkapasitas 1,6 Liter 4 silinder segaris 16 katup. Teknologi suplai bahan bakarnya masih mengandalkan karburator, sehingga pemakaian bahan bakar menjadi cukup boros, apalagi Feroza ini juga termasuk memiliki body yang bongsor sehingga beban kerja mesin menjadi lebih berat.

Meski begitu, performa Daihatsu Feroza ini masih terbilang tangguh dan memupuni untuk diajak mengarungi tanjakan terjal ataupun melewati medan off road ringan. Tercatat pada kondisi maksimal Feroza mampu memberikan keluaran tenaga hingga 94 Hp pada 5.700 Rpm dan torsi juga tersedia cukup besar 127 NM pada 4.700 Rpm. Namun perlu di catat, besaran tenaga tersebut didapat dari saat kondisi kendaraan dalam kondisi prima atau pada kondisi barunya, kemungkinan akan terdapat perbedaan yang signifikan jika anda merasakannya sekarang, karena umur dari mobil bekas ini yang sudah cukup panjang.

Masih Di Cari Penggemarnya

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada Daihatsu Feroza nyatanya hingga saat ini masih terhitung di cari para penggemarnya baik untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, atau pun para penggemar off road. Khusus untuk para off roader, Feroza ini termasuk mobil yang memupuni untuk meladeni hobinya berpetualang di medan berat. Pasalnya tampilan serta kaki-kaki dari mobil ini yang memang sudah diciptakan untuk mengarungi medan demikian, tentu saja sebelumnya sudah harus melewati tahap modifikasi total agar performanya memadai.

Terahir, untuk pasaran harga jual Daihatsu Feroza saat ini tercatat mulai rentang harga 40 hingga 60 jutaan rupiah tergantung dari kondisinya. Jika anda menemukan Feroza yang berkondisi lebih istimewa dari biasanya, mungkin saja bandrol harganya bisa terkerek lebih mahal dari harga di pasaran.

Baca juga artikel pilihan mobil bekas paling irit bbm