Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Motor injeksi saat ini sudah menjadi primadona di masyarakat, Injeksi ini ialah salah satu jenis teknologi yang terapkan pada sistim pembakaran di dalam mesin, tugasnya adalah mencampur antara udara dan bahan bakar dengan pembagian yang sempurna, itu dilakukan dengan sistem komputerisasi sehingga hasilnya bisa sangat maksimal. Fungsi sistim ini menggantikan peran karburator yang lebih dahulu dikenal pada motor-motor konvensional.

Salah satu kelebihan motor injeksi dalam mengontrol campuran antara bahan bakar dan udara dengan tepat, mampu membuat penggunaan bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih efesien tanpa mengurangi performa dari mesin itu sendiri, dan juga dapat mengurangi polusi.

Namun, meskipun demikian bukan berarti dengan adanya teknologi ini mampu menjadikan motor dengan sempurna dan terlepas dari kekurangan, yang namanya teknologi tentu saja ada beberapa kekurangannya. Meski jika dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem karburator, motor injeksi masih lebih unggul dalam banyak segi.

motor injeksi

Baiklah langsung saja kita bahas terlebih dahulu mengenai kelebihan dari motor injeksi ini :

  • Bahan bakar lebih irit

Motor injeksi terbukti lebih irit jika dibandingkan dengan motor dengan sistem lainnya seperti sistem karburator. Hal ini disebabkan proses pencampuran antara bahan bakar dengan udara dapat dilakukan secara lebih akurat sesuai dengan takaran. Di dalam mesin terdapat banyak sensor yang dapat mengatur proses pembakaran ini, Dengan adanya sistem ini tentunya akan mampu meminimalisir penggunaan bahan bakar motor anda.

  • Motor injeksi lebih mudah dirawat

Hal yang paling merepotkan bagi pengguna motor adalah merawatnya. Sebab banyak sekali masyarakat yang memiliki motor tapi tidak paham cara merawatnya. Nah, ternyata hal itu tidak jadi masalah bagi pemilik motor injeksi.

Sebabnya teknologi ini mengandalkan berbagai sensor di dalam mesin untuk memantau kinerja kendaraan setiap saat, sehingga jika ada masalah yang terjadi, sensor-sensor tersebut akan menginformasikan dimana letak kerusakannya. Meskipun hal ini harus di lakukan di tempat service resmi karena membutuhkan alat untuk membaca informasi dari sensor-sensor yang ada.

  • Lebih ramah lingkungan

Poin inilah yang sangat menguntungkan bagi orang banyak. Prediket motor ramah lingkungan saat ini dipegang oleh motor injeksi lho. Sebab mesin ini melakukan pembakaran yang sempurna sehingga emisi gas buang yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit. Jadi anda bisa menggunakan motor berteknologi ini tanpa hawatir mencemari lingkungan dengan polusi asap motor.

Selain kelebihan di atas tentu masih banyak lagi kelebihan lain yang dimiliki. Namun, di samping itu, motor injeksi juga memiliki beberapa kelemahan, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Tidak dapat diservice sembarangan

Motor dengan sistem injeksi harus selalu diservice di bengkel yang resmi, karena sebab diperlukannya alat pembaca sensor khusus untuk memantau kinerja mesin. Namun dengan semakin banyaknya pengguna motor injeksi ini, tidak menutup kemungkinan kedepannya tidak hanya bengkel resmi yang memiliki alat khusus ini.

  • Harga spare part Tinggi

Harga komponen motor injeksi terbilang lebih mahal dibandingkan dengan motor konvensional. Tapi hal ini bisa anda atasi dengan perawatan yang rutin, Jika anda rawat dengan baik maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar, karena daya tahan komponen tersebut juga umumnya akan memiliki masa pakai yang panjang.

Baca juga rem abs pada motor, bagaimana cara kerjanya ?

Mungkin itulah sebagian kecil kelebihan dan kekurangan motor injeksi. Intinya selama anda bijak dalam menggunakan dan merawat motor, maka kekurangan tersebut bukanlah hal yang perlu ditakuti.