HOME

Home » Tips & Trik » Banyak Beredar Mobil Bekas Banjir, Kenali Berbagai Cirinya

Banyak Beredar Mobil Bekas Banjir, Kenali Berbagai Cirinya

Posted at Maret 20th, 2015 | Categorised in Tips & Trik

Dalam memilih mobil bekas tentu saja kita menginginkan barang yang kondisinya masih baik, tetapi bagaimana jika kendaraan tersebut pernah kebanjiran ? apakah berefek buruk kedepannya ?

Mobil di ciptakan tidak untuk menerjang banjir yang begitu tinggi, misalnya saja air hingga memasuki kabin. Akan banyak pekerjaan untuk mengembalikannya pada kondisi normal seperti sediakala. Cara perawatan kendaraan pasca kebanjiran bisa anda baca artikelnya di Perawatan Mobil Setelah Terendam Banjir.

mengenal mobil bekas banjir

Faktanya ada pemilik kendaraan yang enggan melakukan perawatan tersebut, diantara sebabnya adalah banyak komponen yang harus di perbaiki atau bahkan di ganti. jika sudah begitu menjual mobil tersebut akan menjadi pilihan, dengan hanya sekedar memperbaiki sebagaian kerusakan yang di sebabkan seadanya, tanpa mempertimbangkan efek jangka panjangnya.

Akan sangat merugikan jika kita sedang kebetulan mencari mobil bekas dan tidak sengaja mendapatkan kendaraan yang sebelumnya telah menerjang banjir yang cukup parah. Sebabnya banyak komponen mobil yang tidak tahan terhadap air, meski bisa di betulkan tanpa mengganti part nya, di khawatirkan akan berdampak buruk dalam waktu jangka panjang, seperti misalnya saja berkarat.

Maka dari itu sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri mobil yang pernah menerjang banjir, agar tidak di rugikan dengan harus mengeluarkan biaya perbaikan yang besar nantinya. Berikut ini tanda-tandanya :

  • Kabin Kendaraan

Urungkan niat membeli jika tercium aroma bau apek di dalam kabin kendaraan, ini salah satu tanda sebelumnya mobil pernah kemasukan air banjir yang cukup parah. Meski sesudahnya pemilik kendaraan telah membersihkan dengan teliti bahkan menggunakan jasa salon mobil akan sulit mengambalikannya pada kondisi semula.

  • Periksa Celah Sempit

Air banjir biasanya akan tercampur dengan lumpur, meski air nya telah mengering, lumpur akan sulit untuk di hilangkan, terlebih jika menyusup ke celah-celah sempit. Biasanya celah tersebut terdapat di bagian dalam kap mesin, bagasi, interior yang memiliki sudut sempit, dan juga di balik panel body kendaraan.

Jika terindikasi ada pasir-pasir menempel sebaiknya pilih mobil lain, sebab body mobil akan rentan berkarat kedepan, dan itu akan membutuhkan biaya yang besar untuk perbaikkannya.

  • Cek Bagian Yang Sulit Kering

Busa jok, karpet bawah, dan juga bagian plafon kendaraan menggunakan bahan yang apabila terkena air akan terjadi perubahan dari sifat asalnya. Misalnya meninggalkan noda yang sulit di hilangkan, kelenturan bahan berubah, dan juga lumpur yang terbawa air akan menempel pada bahan-bahan tersebut.

  • Periksa Bagian Kelistrikan

Mobil keluaran terkini banyak mengandalkan sensor-sensor yang berguna untuk mengirim informasi kepada ECU kendaraan. Fungsi nya teramat fital, dan jika terjadi kerusakan cukup akan menguras biaya. Dan umumnya komponen yang dialiri listrik tersebut paling anti terhadap air. Seperti misalnya  Air Bag, ABS, Power Window, dan lain sebagainya.

Maka dari itu periksa dengan seksama kerja sensor pada mobil bekas yang akan anda pilih, selain dengan mencoba secara langsung, caranya dengan memperhatikan lampu peringatan di indikator spidometer. Akan lebih maksimal jika anda membawa kendaraannya ke bengkel yang memiliki alat khusus untuk memeriksa kerja sensor-sensor tersebut.

  • Amati Harga Jual Dan Lokasi Pemilik Kendaraan

Tentunya jika penjual hendak menjual mobil bekas yang kondisinya kurang baik tidak akan begitu memperdulikan harga jualnya, meski di tawar dengan harga di bawah pasaran pun mereka akan segera menjualnya. Dalam hal ini kita harus berhati-hati jangan sampai tergiur harga murah lantas mengabaikan kondis kendaraan, sebab kedepan bisa saja biaya perbaikan akan semakin besar.

Lalu kita juga harus perhatikan lokasi pemilik kendaraan apakah berada di wilayah yang langganan terkena banjir atau tidak, kita bisa periksa alamat yang tertera pada surat-surat kendaraannya.

 


Tags :

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1, 2017

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More