Antara Ban Tubeless Atau Ban Biasa ?

Ban tubeless atau ban tubetype biasa pilihan anda ?. Ini terkadang menjadi pertanyaan para pengguna kendaraan baik itu mobil atau pun motor. Kedua jenis pilihan tersebut memiliki fungsi yang sama, namun terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan pada tiap-tiap ban.

pilih Ban tubeless atau ban biasa

Ban merupakan suatu komponen yang fital dalam kendaraan, fungsinya yang langsung berhubungan dengan jalan menjadikannya memerlukan pertimbangan yang tepat sebelum menjatuhakan pilihan. Terutama di sisi keamanan berkendara, ban ini sering menjadi biang keladi terjadinya suatu kecelakaan yang tentu saja tidak kita inginkan.

Beban kerja yang cukup berat, seperti berhadapan dengan berbagai macam kondisi jalan dari aspal yang mulus hingga jalanan berlubang. Selain itu ban juga di hadapkan dengan berbagai rintangan yang bisa menghadang seperti misalnya paku yang tercecer di jalan, oli yang membuat pengendalian kendaraan terganggu dan sebagainya.

Untuk itu dalam memilih ban kita perlu mengetahui perbedaaan antara ban tubeless dengan ban biasa, berikut ini adalah bahasannya :

Ban Tubeless

Seperti yang sudah di ketahui ban jenis ini tidak memerlukan penggunaan ban dalam, maka dari itu membutuhkan velg khusus atau velg racing untuk di kenakannya, untuk motor, ban ini tidak bisa di kenakan jika menggunakan velg jari-jari, sedangkan untuk mobil, ban ini tidak dapat di gunakan pada velg yang masih menggunakan bahan dari kaleng, karena velg tersebut rawan berkarat dan membuat angin didalam ban dapat keluar.

Dari sisi kenyamanan tentu saja ban tubeless ini bisa memberikan nilai lebih bagi pengendarannya, sebabnya ban ini memiliki bahan yang lebih lentur. Namun di balik kenyamanan yang di berikan ban jenis ini, jika sering melewati jalan yang rusak maka ban tersebut rawan terjadi kerusakan, seperti misalnya saja dinding ban benjol, hal ini bisa berakibat buruk jika di biarkan, jika sudah begitu jalan satu-satunya adalah mengganti ban dengan yang baru.

Dari sisi keamanan ban tubeless juga memiliki nilai lebih, sebabnya ban jenis ini jika terkena paku maka angin didalam ban tidak akan langsung segera keluar seluruhnya, selama paku tersebut menacap maka kendaraan masih dapat di jalankan meski harus segera mencari tempat perbaikan. Hal ini di sebabkan bahan ban tubeless yang lentur akan menutupi celah yang di buat oleh benda yang menusuk kedalamnya.

Sebaiknya ban jenis tubeless ini juga jangan di gunakan untuk mengangkut beban yang terlampau berat, biasanya tercantum pada ban beban maksimal yang bisa di tompang, akan berbeda bergantung kepada ukuran ban itu sendiri.

Ban Tubetype Biasa

Ban jenis ini dapat di gunakan pada berbagai macam velg kendaaran, baik jari-jari atau pun velg standart kaleng pada mobil, sebabnya ban ini membutuhkan ban dalam lagi untuk penggunaanya.

Bahan yang di gunakan untuk ban ini sifatnya lebih keras sehingga sedikit mengorbankan kenyaman dalam berkendara. Namun begitu ban jenis biasa ini lebih kuat untuk melahap berbagai kondisi jalanan yang berlubang.

Meski begitu harus lebih berhati-hati jika menghadapi benda yang dapat menusuk seperti paku, karena jika terkena pada ban jenis ini seketika angin didalam ban akan berkurang drastis hingga habis, hal ini sangat di takuti pengendara jika sedang berjalan dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Ban dengan jenis tubetype biasa ini juga terkenal handal untuk menompang beban kendaraan yang berat, maka dari itu biasanya kendaraan-kendaraan yang di khususkan untuk mengangkut barang berat sering manjadikan ban biasa sebagai pilihan.

Kesimpulan

Dari kedua bahasan ban di atas tentu saja kita dapat menyimpulkan bahwa ban tubeless lebih memiliki banyak kelebihan di banding ban biasa, baik dari segi kenyamanan dan juga keamanan berkendara.

Namun tidak begitu jika kita melihatnya dari segi biaya, penggunaan velg khusus membuatnya harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli velg racing atau Casting Wheel (CW). Harga pasaran ban tubeless yang lebih tinggi di pasaran juga membuatnya memerlukan biaya lebih besar jika kita hendak menjadikannya pilihan.

Baca juga artikel Tips Aman Berkendara Di Musim Hujan