HOME

Home » Mobil » Tips & Trik » 7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

7 Tips Perawatan Mesin Mobil Matic Agar Selalu Prima

Posted at September 1st, 2017 | Categorised in Mobil, Tips & Trik

Mesin mobil dapat diibaratkan seperti jantung bagi setiap mobil, bila mesin mengalami kerusakan pastinya mobil tidak dapat berjalan. Dulu kita hanya mengenal mesin mobil manual, namun seiring perkembangan teknologi mesin matic semakin merajai dunia aspal. Mobil matic lebih mudah digunakan daripada mesin manual. Akan tetapi ada beberapa kekurangan yang dimilikinya. Katakalah saja sebagai contoh, bila mesin mogok karena setir mati, mobil matic tidak dapat berbuat apa apa lagi. Berbeda dengan mobil manual, dapat didorong terlebih dahulu dan dapat kembali menyala. Oleh sebab itu agar hal buruk tidak terjadi, ikuti tips merawat mesin mobil matic berikut ini.

1. Filter Oli

 

Mobil matik harus secara rutin mengganti filter olinya, apalagi bila kendaraan telah menempuh jarak sekitar 20.000 km, maka anda harus segera mengganti filter oli. Filer oli akan sangat berhubungan dengan transmisi mobil. Saling berkaitan dan berhubungan erat, maka kita harus menjaga keduanya agar senantiasa terawat dengan baik.

 

2. Filter Transmisi Oli

Sebagai pemilik mobil yang baik, jangan pernah melupakan transmisi mesin mobil anda. Untuk perawatan mesin mobil matic, oli transmisi memang sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin serta kesehatan mesin matic. Silahkan cek oli transmisi, bila oli berwarna merah maka itu tanda bahwa oli masih dalam keadaan bagus. Akan tetapi bila oli berwarna hitam dan berbau seperti terbakar, maka anda harus segera mengganti oli transmisi tersebut. Guna mengecek atau mengontrol, dapat dilakukan setelah anda menempuh jarak 5.000 km.

 

3. Volume Oli

Tips merawat mesin mobil matic selanjutnya adalah memperhatikan volume oli. Pastikan kebutuhan oli anda sesuai dengan kebutuhan mesin matic yang dipergunakan. Lebih mudahnya dapat diperhatikan dari panas tidaknya mesin. Jika mobil dihidupkan serta dijalankan, mesin akan mudah panas, bila hal ini terjadi segeralah cek volume oli.

 

4. Filter Karburasi

Pernahkah melihat atau mengalami sendiri mesin mobil susah dihidupkan? Bisa jadi ini berkaitan dengan filter karburasi mobil yang sudah kotor. Oleh sebab itu selain mengecek atau mengganti oli, jangan lupa untuk membersihkan filter karburasi. Cara membersihkannya juga tidak sulit, cukup mempersiapkan sikat gigi bekas namun masih berbulu lembut maupun sikat gigi baru untuk membersihkan kerak dan debu debu yang menempel pada filter. Hindari membersihkannya dengan hair dryer atau kompresor, sebab dapat merusak lapisan filter. Lebih baik menggunakan cara manual dengan sikat gigi saja.

 

5. Air Radiator

Selain memperhatikan oli, cara merawat mesin mobil matic selanjutnya dengan memperhatikan pula air radiator. Mesin apapun sangat berkaitan erat dengan panas, begitu pula mesin mobil. Fungsi air radiator untuk menetralisir hawa panas yang terjadi pada mesin mobil. Bila air radiator ini habis, secara otomatis mesin akan terlalu panas atau bias dikenal dengan overheat dan berakibat fatal. Bukan hanya sekedar mati mesin saja, dapat mengakibatkan mesin terbakar! Jadi jangan sampai terlewatkan untuk mengeceknya ya.

 

6. Tangki Bensin

Sangat jarang sekali orang yang memperhatikan tangki bensin, coba cek kondisi tangki bensin anda. Apakah dibagian atas dalam tangki terdapat kerak maupun kotoran? Kerak dan kotoran ini bila tidak segera dibersihkan dapat terbawa masuk kedalam mesin dan mengakibatkan terhambatnya atau rusaknya mesin. Sebab masuk kedalam saluran pembakaran mesin. Siasat lain yang dapat dilakukan untuk membersihkannya dengan mengisi tangki secara penuh.

 

7. Menarik Gas

Memperhatikan keamanan dalam berkendara sangatlah penting, memacu mobil juga dapat dilakukan sebagai bentuk perawatan mobil. Bila anda tergolong orang yang setiap hari menggunakan mobil, umumnya disekitar mesin akan terdapat kerak. Cara membersihkannya cukup dengan menekan atau menarik gas sedalam dalamnya agar kerak atau kotoran yang menempel dapat keluar melalui knalpot. Tapi perlu diingat, ketika akan melakukan langkah tersebut pastikan mobil dalam keadaan netral atau tidak masuk gigi ya.

 

Itulah 7 tips merawat mesin mobil matic yang dapat anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Bila mesin mobil kita terawat, maka mesin juga akan awet serta jauh dari kerusakan. Cara ini juga harus dilakukan bila anda ingin bepergian jauh menggunakan mesin, dengan mesin kondisi prima pastinya perjalanan anda lebih lancar.
Diskripsi : tips merawat mesin mobil matic sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah agar awet dan berkondisi prima.


Artikel Menarik Lainnya

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya!

Posted at September 3, 2017

Mobil Mengkilap, Mulus Dan Seperti Baru Selalu? Simak Cara Perawatannya! Mobil yang mengkilat merupakan daya tarik tersendiri, meskipun itu mobil tua namun memiliki warna... Read More

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan

Posted at September 3, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Dan Cara Mengatasi Aki Tekor Dijalan Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu... Read More

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Harga Mobil Wuling Confero Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Posted at Agustus 11, 2017

Hadir disegmen low MPV, Mobil Wuling Confero pun akhirnya dipasarkan di Tanah Air. Bahkan mobil garapan PT SGMW Motor Indonesia ini sedang mengembangkan serta memproduksi... Read More

Penyebab Dan Solusi Ketika Sepeda Motor Sulit Di Starter

Posted at Juni 29, 2016

Jika sewaktu anda menstarter motor akan tetapi sulit untuk hidup, maka salah satu kemungkinan yang paling besar adalah terdapat masalah pada sistim bahan bakar.... Read More

Merawat Aki Kering Kendaraan agar awet

Tips Merawat Aki Kering Kendaraan Agar Awet Maksimal

Posted at Juni 19, 2016

Merawat aki atau accu kendaraan agar bisa lebih tahan lama di gunakan dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, terlebih untuk jenis aki kering yang... Read More